Benny Likumahuwa.jpg

Musisi Jazz Senior Benny Likumahuwa Tutup Usia

oleh: galih Entertainment Tuesday, 9 June 2020 13:00 p.m.


Mancode – Awan hitam menyelimuti dunia musik Tanah Air. Musisi jazz senior Benny Likumahuwa dikabarkan meninggal dunia, Selasa (9/6/2020).

Kabar duka ini diketahui dari unggahan pengamat musik Adib Hidayat dalam akun Instagram pribadinya @adibhidayat. “Berita duka. Benny Likumahuwa, anggota band The Rollies, ayah dari @barrylikumahuwa meninggal dunia dalam usia 73 tahun pada hari Selasa, 9 Juni 2020 pukul 08.30 WIB,” tulisnya.

“Konfirmasi saya dapatkan dari rekan satu band di The Rollies, @oetjeketol dan @dirasugandi. Duka cita yang mendalam untuk keluarga, semoga diberikan ketabahan,” tulisnya lagi.

Melansir dari berbagai sumber, pria kelahiran 1946 ini sudah mempelajari musik sejak remaja. Ia banyak mempelajari alat musik, mulai dari bass sampai trombon. Eksistensinya dalam bermusik makin bersinar ketika bergabung dengan band The Rollies pada akhir dekade 1960-an.

Sebelumnya, formasi pertama The Rollies adalah bassis Deddy Stanzah, drummer Iwan Krisnawan, gitaris Tengku Zulian Iskandar Madian, dan kibordis Delly Joko Arifin. Kemudian, pada 1967, Bangun Sugito alias Gito Rollies bergabung sebagai vokalis.

Pada album perdana, The Rollies nekat terbang ke Singapura untuk rekaman. Tak sia-sia, album tersebut sukses di pasaran Singapura pada 1968. Setelah itu, The Rollies memutuskan mengajak Benny Likumahuwa bergabung.

Dia juga pernah membentuk The Augersindo dan bermain keliling negara-negara Asia. Setelah kembali ke Tanah Air, dia bergabung dengan The Jazz Raiders, Jack Lesmana Combo, Trio ABC (Abadi Soesman, Benny Likumahuwa, dan Candra Darusman). Kemudian pada 1980, Benny bergabung bersama Ireng Maulana All Star.

Sejumlah festival jazz seperti The Singapore Jazz Festival pada 1986 pernah diikutinya. Tak ketinggalan, The Jakarta Jazz Festival 1988, The North Sea Jazz Festival 1990 di Belanda, The Asian Jazz Festival 1992 di Kuala Kumpur, hingga Malaysia Jazz Festival 1994.

Kiprah Benny di industri musik Tanah Air selama ini bisa dikatakan cukup menginspirasi, terutama untuk pencinta musik jazz. Meski sudah menghadap sang Pencipta, karya-karya beliau akan tetap ‘hidup’ dan bisa dinikmati. Selamat jalan Benny Likumahuwa.

Baca Juga: Nikolai Petrovsky, Musisi Jalanan Titisan Kurt Cobain

Baca Juga: MLDARE2PERFROM Season 4 Lahirkan Musisi Jazz Baru

Baca Juga: Duo Desainer Italia Bikin Capsul Tempat Orang Meninggal


Share To


galih

galih

June 9, 2020, 1 p.m.


tags : Musisi Jazz Indonesia Entertainment Wafat Tutup Usia Musik Benny Likumahua Musik Jazz


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional