BTS.jpg

Musik K-Pop Mendominasi Spotify Dunia

oleh: rachli Entertainment Tuesday, 25 February 2020 13:00 p.m.


Mancode - Sejak meluncurkan playlist khusus pada 2014 sebagai bentuk dukungan terhadap K-Pop, K-Pop Daebak, Spotify yang merupakan layanan streaming audio terpopuler dunia ini mengungkapkan serangkaian data statistik dan tren yang menunjukkan bagaimana dunia jatuh hati pada K-Pop.

Dari 2014 hingga Januari 2020, pendengar (dan pecinta) K-Pop di Spotify meningkat lebih dari 1.800 persen dan playlist K-Pop Daebak telah memiliki lebih dari 2,4 juta pengikut. Sejak 2014 pula, musik K-Pop telah diputar lebih dari 134 miliar menit di Spotify.

Baca Juga: Synchronize Fest 2020 Kembali Hadir, Catat Waktunya!

Kossy Ng, selaku Head of Artist and Label Marketing di Asia mengatakan, tidak dapat dipungkiri bahwa popularitas K-Pop benar-benar membuat ledakan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu terbukti di Spotify.

“K-Pop merupakan genre musik Asia pertama yang dapat beresonansi baik dengan para pendengar musik di dunia. Para penggemarnya adalah satu di antara kelompok penggemar yang paling bersemangat dan aktif,” katanya dalam keterangan resmi (24/2/2020).

Baca Juga: The Jacksons dan Omar Apollo Siap Ramaikan BNI JJF 2020

Selain itu, cara fandom K-Pop berkomunikasi dan terhubung satu sama lain sangat berbeda. Tidak diragukan lagi popularitas K-Pop akan terus tumbuh dan Spotify akan terus mendorong pengguna menemukan musik favorit dan menghubungkan artis K-Pop dengan para penggemarnya.

Pada 2015, Spotify meluncurkan sebuah genre hub yang didedikasikan untuk K-Pop. Hub K-Pop berisikan banyak playlist yang mengakomodir berbagai aspek dari genre yang menarik, termasuk kumpulan lagu dari artis yang sedang naik daun, kolaborasi, hingga original soundtrack (OST) film dan drama TV Korea.

Baca Juga: Tyga Siap Goyang FLAVS 2020

Grup K-Pop yang lagunya paling banyak diputar di Spotify, BTS, merilis album mereka MAP OF THE SOUL: 7 pada Jumat pekan lalu. Namun, memecahkan rekor bukanlah hal baru bagi BTS, dan perjalanan bersama Spotify telah menandai berbagai pencapaian besar.

  • Di 2019, BTS menjadi artis Asia pertama yang lagunya diputar lebih dari lima miliar kali di Spotify.
  • Per Februari 2020, lagu BTS telah diputar lebih dari delapan miliar kali. Bahkan, sepanjang 2019 lagu mereka telah diputar lebih dari tiga miliar kali.
  • Pada September 2017, BTS mejadi artis K-Pop pertama yang berhasil masuk Global 50 Chart Spotify melalui lagu DNA.
  • Lagu BTS Boy With Luv berduet Halsey, menjadi lagu K-Pop yang paling sering diputar di Spotify, yaitu lebih dari 380 juta kali. Prestasi ini dicapai kurang dari satu tahun, mengingat lagu ini baru saja dirilis pada April 2019.

Share To


rachli

rachli

Feb. 25, 2020, 1:04 p.m.


tags : Musik K-Pop playlist K-Pop Spotify layanan streaming audio MAP OF THE SOUL: 7 BTS K-Pop Daebak


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Technology 14 August 2020 11:00 a.m.

Rayakan 17an, Spotify Hadirkan Playlist 'Spesial 17an'