SIM C.jpg

Mulai Agustus 2021, SIM C Dibagi Jadi Tiga Golongan

oleh: galih Life Style Thursday, 15 July 2021 8:00 a.m.


Mancode – Kepolisian Republik Indonesia rencananya mulai menerapkan penggolongan Surat Izin Mengemudi sepeda motor atau SIM C mulai Agustus mendatang. Nantinya, akan ada tiga golongan SIM motor yang berlaku, yakni SIM C, SIM CI, dan SIM CII.

Peraturan penggolongan SIM C ini diatur dalam Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, yang sudah dikeluarkan sejak Februari lalu.

Lantas apa bedanya ketiga jenis SIM tersebut? Berikut ini perbedaan SIM C, SIM CI, dan SIM CII yang berhasil dirangkum Mancode dari berbagai sumber.


SIM C

SIM C awalnya berlaku untuk semua jenis motor. Setelah ada aturan baru, kini SIM C hanya meliputi penggunaan motor bermesin maksimal 250 centimeter cubic (cc). Pemilik Honda Beat hingga Kawasaki Ninja 250 masih bisa menggunakan SIM jenis ini.

Syarat pembuatannya SIM C sama seperti sebelumnya, yaitu usia minimal 17 tahun, memenuhi administrasi, kesehatan, dan lulus ujian teori serta praktik.

SIM CI

Berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) sampai dengan 500 cc, atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

SIM CI hanya bisa dibuat jika sudah memiliki SIM C setidaknya selama 12 bulan. Syarat lain pembuatannya, yakni usia minimal 18 tahun.

SIM CII

Berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

SIM CII adalah golongan tertinggi yang syarat pembuatannya sudah memiliki SIM CI minimal 12 bulan dan usia minimal 19 tahun. Memiliki SIM CII berarti tak perlu lagi membawa SIM C atau SIM CI yang sudah pernah dimiliki.

Baca Juga: Ternyata Wanita Mengemudi lebih Baik daripada Pria

Baca Juga: Semester Pertama 2021, Honda Brio Jadi Model Terlaris di Indonesia

Baca Juga: Dyandra Promosindo Siap Gelar Pameran Otomotif IIMS Series




Share To


galih

galih

July 15, 2021, 8 a.m.


tags : Cara Buat SIM C Golongan SIM C SIM C Tiga Jenis SIM C Polri Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA