Rafid-Habibie-Pesepakbola.jpg

Muhammad Rafid Habibie, Cucu BJ Habibie yang Pernah Gabung Timnas

oleh: inggil Life Style Thursday, 12 September 2019 15:00 p.m.


Mantan Presiden Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie telah berpulang pada Rabu, 11 September 2019 di usianya yang ke-83. Dikenal sebagai sosok yang hebat di bidang teknologi dan penerbangan, ternyata beliau mempunyai seorang cucu bernama Muhammad Rafid Habibie, yang berkarir sebagai pesepakbola.

Rafid merupakan anak dari Rully Habibie yang juga pernah berkecimpung di dunia sepak bola Indonesia sebagai CEO PSM Makasar. Rully sendiri ialah keponakan BJ Habibie yang merupakan putra dari adik kandung Habibie, Junus Effendi Habibie.

Baca Juga: Sosok BJ Habibie Salah Satu Orang Terpintar Indonesia

Cucu BJ Habibie ini mengawali karirnya di dunia sepak bola di SSB Sams’s Soccer Academy International (SSAI). Nama Rafid mulai dikenal pada 2016 saat masih berusia 15 tahun. Ia masuk ke dalam skuad Bali United yang dilatih oleh Indra Sjafri dalam ajang Trofeo Persija.

Rafid-Habibie-dan-Indra-Sjafri.jpg

Setahun berselang, Indra yang kemudian menjabat menjadi pelatih Timnas U-19 menyertakan nama Rafid dalam pemusatan latihan. Sayangnya, saat itu Rafid gagal terpilih masuk ke dalam skuad.

Kendati begitu, Rafid tidak menyerah terhadap sepak bola. Ia pun melanjutkan karirnya di Eropa untuk mengasah skillnya lebih dalam lagi. Diketahui dirinya sempat berlatih bersama Sporting Lisbon, klub masa kecil Cristiano Ronaldo. Namun, karena faktor fisik ia gagal bersaing dengan para pemain muda Portugal.

Rafid-Habibie-Sporting-Eropa.jpg

Rafid juga pernah berlatih bersama Perugia dan bermain bersama klub papan bawah Italia, Santarcangelo Calcio pada 1926. Setelah berkelana di Eropa, Rafid pun kembali ke Tanah Air. Kabar terakhir ia akan direkrut oleh Persib B yang bermain di Liga 2.

Rafid-Habibie-Persib.jpg

Namun, akhirnya pelatih Persib B saat itu, Liestiadi batal merekrutnya. Rafid pun sempat ditawarkan untuk masuk ke dalam skuad Persib U-20, namun dengan beberapa pertimbangan ia memilih untuk menolak tawaran tersebut.

Baca Juga: Mengenang 4 Pesawat Buatan BJ Habibie yang Membanggakan


Share To


inggil

inggil

Sept. 12, 2019, 3 p.m.


tags : BJ Habibie Timnas Indonesia Muhammad Rafid Habibie


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 19 November 2019 17:00 p.m.

Hal Terserah Jadi Single Terbaru Primela Anjar

Entertainment 19 November 2019 16:00 p.m.

LANGIT Rilis Single Debut 'Tentukan Arah'

Entertainment 19 November 2019 15:00 p.m.

‘Mengalah’ Menjadi Single Perdana Tival

Travel 19 November 2019 13:00 p.m.

Mistisnya Pentas Ebeg di Banyumas