Teten Masduki.jpg

Muffest 2020 Digadang Jadi Pusat Mode Muslim Dunia

oleh: rachli Entertainment Friday, 21 February 2020 14:00 p.m.


Mancode - Muslim Fashion Festival (Muffest) 2020 persembahan Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo kembali digelar. Ajang fashion muslim ini berlangsung selama empat hari, yakni 20-23 Februari 2020 di Jakarta Convention Center (JCC).

Dengan mengusung tema fashionable people for sustainable planet, Muffest 2020 menghadirkan para pelaku industri busana muslim Tanah Air. Mulai dari brand-brand ternama hingga para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Baca Juga: Sustainable Fashion Jadi Fokus Utama Muffest 2020

Dalam pembukaan Muffest 2020, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengatakan, ajang ini merupakan langkah nyata dari penyelenggara dan industri muslim untuk menjadi Indonesia sebagai pusat mode muslim dunia.

“Indonesia juga memiliki pelaku produk muslim yang potensial dan masih bisa dikembangkan lagi,” kata Teten.

Teten juga menyatakan, industri fashion muslim merupakan bagian dari sektor industri tekstil dan produk tekstil (TPT) yang memiliki kinerja yang cukup baik bagi perekonomian nasional. Pada 2019, nilai ekspor produk TPT nasional mencapai US$12.9 miliar.

Muslim Fashion Festival.jpg

Laporan The State Global Islamic Economy menyatakan konsusmi fashion muslim dunia saat ini mencapai USD$270 miliar atau setara Rp3.830 triliun. Di Indonesia, konsumsi fashion muslim mencapai US$20 miliar dengan pertumbuhan industri mencapai sekitar 18 persen.

Baca Juga: Stormzy Batal Tampil di FLAVS 2020

Mengutip laporan tersebut, Teten mengatakan, lembaga tersebut juga memproyeksi konsumsi busana muslim akan terus meningkat dengan laju pertumbuhan lima persen setiap tahunnya. Dengan begitu, konsumsi busana muslim dunia diperkirakan mencapai US$361 miliar pada 2023.

“Pelaku fashion harus memanfaatkan potensi ini agar Indonesia tidak hanya menjadi konsumen produk muslim, tetapi juga sebagai produsen,” tegasnya.

Baca Juga: The Jacksons dan Omar Apollo Siap Ramaikan BNI JJF 2020

Selain itu, Teten menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah sejak lama meminta untuk mempelajari hal apa saja yang dapat diselenggarakan, dan bisa menjadi bagian dari kalender event tahunan dunia. Muffest salah satu yang bisa dijadikan ikon dunia sekaligus dengan halal industry summit.

Muffest 2020 menghadirkan beragam koleksi dari 117 desainer Tanah Air. Mereka di antaranya Ria Miranda, Barli Asmara, Deden siswanto, Ivan Gunawan, dan Itang Yunasz. Tidak hanya fashion show, Muffest 2020 banyak ragam acara pendukung seperti talkshow, seminar, dan lain-lain.


Share To


rachli

rachli

Feb. 21, 2020, 2:41 p.m.


tags : usaha kecil menengah UKM Indonesia Fashion Chamber fashion muslim Muffest 2020 Presiden Joko Widodo Pusat Mode Muslim Dunia Muslim Fashion Festival busana muslim


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Technology 14 August 2020 11:00 a.m.

Rayakan 17an, Spotify Hadirkan Playlist 'Spesial 17an'