Hagia-Shopia-Turki.jpg

Momen Bersejarah Adzan Pertama Kali di Hagia Sophia

oleh: inggil Travel Saturday, 11 July 2020 10:00 a.m.


Mancode - Warga muslim di Turki tengah merasakan kebahagiaan pasalnya untuk pertama kalinya mereka mendengar kumandang adzan dari masjid Hagia Sophia. Bagi yang belum mengetahui, Hagia Sophia sendiri merupakan bangunan yang diubah statusnya dari masjid menjadi museum pada tahun 1935. Lebih jauh lagi, Hagia Sophia pada awalnya menjadi gereja dan beralih menjadi masjid sebelum diubah museum.

Sebagai salah satu landmark daya tarik wisata di Turki, Hagia Sophia sendiri dibangun pada tahun 537 masehi untuk menjadi gereja besar menghadap ke Pelabuhan Golden Horn. Berjalannya waktu, terjadilah Ottoman pada 1453 yang membuatnya beralih fungsi menjadi masjid.

Bangunan-Turki-Hagia-Shopia.jpg

Di tahun 2020, tentu menjadi momen paling bersejarah bagi warga muslim Turki. Mahkamah Agung Turki mencabut keputusan kabinet yang menetapkan Hagia Shopoa sebagai museum. Pada hari Jumat, 10 Juli 2020, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengumumkan kembalinya fungsi Hagia Shopia menjadi masjid seperti yang diutarakannya lewat akun sosial media.

Meski mendapat banyak kecaman dari negara barat, Turki tetap berupaya mengembalikan fungsi Hagia Sophia seperti di masa Utsmani dahulu. Bahkan, ada pula warga Turki sendiri yang menolak keputusan diubahnya bangunan bersejarah itu menjadi masjid.

Kebanyakan dari mereka berpendapat dikembalikannya Hagia Sophia menjadi tempat beribadah satu agama menghilangkan rasa kebanggaannya. Pasalnya, akan ada kepentingan dalam urusan agama dan juga politik yang bisa memecahbelah masyarakat.

Isi-Hagia-Shopia.jpg

Momen bersejarah kumandang adzan pertama kali selama hampir satu abad lamanya di Hagia Shopia menuai banyak respon warga Turki. Mereka lantas berkumpul dan mendatangi masjid tersebut untuk beribadah. Tak sedikit pula yang merekam momen itu lalu kemudian mengunggahnya di akun sosial media.

Tampak dalam video, ratusan orang memenuhi lapangan dengan ponsel adapula yang membawa bendera Turki. Bahkan, beberapa orang juga tampak membawa bendera Utsmani berwarna hitam dengan emblem kebanggaannya. Tepuk tangan meriah serta tangisan haru bahagia warga muslim di Turki meluapkan perasaan bahagianya.

Shalat-di-Hagia-Shopia.jpg

Presiden Erdogan menjelaskan, jika bangunan bersejarah Hagia Sophia telah diubah menjadi masjid. Meski begitu, ia tidak membatasi siapa saja yang akan mengunjungi tempat ini baik muslim maupun nonmuslim semua diizinkan untuk singgah di Hagia Sophia. Hanya saja, bangunan ini difungsikan menjadi masjid pada umumnya dan tidak diizinkan untuk kegunaan tak resmi lainnya.

Baca Juga: Indahnya Kokonao Kota Bersejarah yang Terlupakan di Papua

Baca Juga: Sejarah Deklarasi Djuanda hingga Hari Nusantara

Baca Juga: Sejarah Penyerahan Mahkota Binokasih Sumedang Larang


Share To


inggil

inggil

July 11, 2020, 10 a.m.


tags : Bangunan sejarah Hagia Shopia Presiden Erdogan Adzan Pertama Hagia Shopia Hagia Shopia Turki Hagia Shopia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun