Mitsubishi Triton.jpg

Mitsubishi Triton Siap Berlaga di AXCR 2022, Layakkah Dilirik Pehobi Offroad?

oleh: galih Life Style Tuesday, 30 August 2022 8:00 a.m.


Mancode - Mitsubishi Triton siap berlada di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 pada November 2022 di Thailand. Lewat ajang ini, Triton yang dikenal sebagai mobil "pekerja keras" untuk area perkebunan dan pertambangan ditantang menunjukkan kekuatan dan daya jelajahnya di lintasan reli.

Rifat Sungkar brand ambassador Mitsubishi Indonesia akan berada di balik kemudi Mitsubishi Triton di kelas T1 pada ajang AXCR 2022. Kelas tersebut diikuti oleh mobil-mobil dengan standar pabrikan. Ini tentunya juga akan menjadi pembuktian bahwa Mitsubishi Triton layak dipertimbangkan oleh para kalangan pehobi otomotif, khususnya off-road.

Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubisbi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, sebenarnya Mitsubishi Triton digunakan untuk pertambangan dan perkebunan di Indonesia. Sebagian orang bilang, mobil ini adalah workhorse atau kuda untuk kerja keras.


“Jadi ya secara tidak langsung dipakai untuk reli bisa meningkatkan lagi untuk imej ini adalah kendaraan yang tangguh,” ujar Iwan beberapa waktu lalu.

Sementara, Rifat Sungkar mengatakan, AXCR 2022 menjadi kesempatan yang luar biasa baginya bersama Mitsubihsi. “Sesuai AXCR namanya yang penting adalah endurance, kalau modifikasi seperti apa bisa dilihat websitye, namun saya yang saya ikutin tidak terllau ekstrem. Body shell masih normal, suspensi boleh diubah dan pesertanya sangat banyak,” kata Rifat.

Di sisi lain, Mitsubishi Triton sendiri mendominasi sekitar 60 persen. Mobil ini sudah cukup terbukti untuk dipakai di medan ekstrem pertambangan dan perkebunan. Terlebih, mobil ini didukung dengan mesin dan teknologi yang canggih.

Misalnya pada dapur pacu, Mitsubishi Triton menggunakan mesin MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) yang fokus pada teknologi untuk mengatur kinerja waktu (valve timing). Bukaan katup udara dalam mesin (valve lift) cukup besar dengan tujuan menghasilkan tenaga besar, konsumsi bahan bakar efisien, dan emisi gas buang yang rendah.

Mesin 4N15 DI MIVEC DOHC 16 valve Direct Diesel Injection, Intercooled & Turbocharged pada Triton varian Ultimate dan Exceed mampu menghasilkan tenaga maksimum 181 PS/3.500rpm. Sedangkan torsi maksimum 430 Nm/2.500rpm yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2.

Tenaga mesin tersebut dialirkan ke roda dengan transmisi 6-speed automatic with sport mode atau manual 6-percepatan ditambah fitur super select 4WD-II guna mengubah penggerak dua roda menjadi empat roda pada kecepatan hingga 100km/jam.

Dalam berkendara, Mitsubishi Triton dilengkapi berbagai fitur keselamatan. Di antaranya offroad mode, hill descent control (HDC), forward collision mitigation (FCM), blind spot warning, hingga ultrasonic missacceleration mitigation system (UMS).

Baca Juga: Menilik Deretan Fitur Baru yang Jadi Unggulan New Xpander Cross





Share To


galih

galih

Aug. 30, 2022, 8 a.m.


tags : Mitsubishi Rally Mitsubishi Triton Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 10 September 2022 8:00 a.m.

The Otherside Hangatkan Gelaran Hardcoustic