Nasi-Dingin.jpg

Mitos atau Fakta? Nasi Dingin lebih Sehat untuk Diabetes

oleh: inggil Life Style Wednesday, 13 November 2019 12:00 p.m.


Bagi penderita diabetes memang wajib untuk mengurangi konsumsi gula. Seperti memilih teh pahit ataupun mengurangi camilan manis. Sebab, jika tidak maka kondisi gula darah dapat meningkat pesat sehingga membuat penderita diabetes menjadi lebih parah.

Menariknya ada mitos yang berkata, sebaiknya bagi penderita diabetes tidak mengonsumsi nasi yang panas dan memilih nasi dingin. Apakah betul seperti itu?

Pada dasarnya, nasi yang masih panas masih memiliki kandungan gula yang cenderung tinggi. Sehingga, dapat memicu meningkatnya kadar gula dalam darah. Dilansir dari Doktersehat, kandungan kalori dari nasi panas maupun nasi dingin cenderung sama saja, yakni 175 kalori untuk 100 gram.

Menjadi pembeda di antara keduanya, yakni dari indeks glikemik dari nasi dingin jauh lebih menurun jika dibandingkan dengan nasi yang masih panas. Karena sebab itu pula nasi dingin lebih lama dicerna oleh mulut dan mencegah kenaikan gula darah dengan waktu yang cepat.

Penelitan lebih baik atau tidaknya nasi dingin disarankan bagi penderita diabetes memang belum ada. Namun,, menurut pakar ada baiknya jika terkena diabetes lebih baik mengurangi porsi nasi putih saat makan. Seimbangkan pula kadar gizi pada setiap porsi. Selain membatasi porsi nasi, disarankan pula untuk memenuhi kebutuhan buah serta sayuran.

Nasi-Dingin-Lebih-Sehat.jpg

“Mungkin benar. Tetapi kebetulan penelitian yang secara betul-betul diteliti itu hanya kentang waktu itu. Kentang yang sudah siap dimakan, dimasukkan kulkas, kemudian besoknya dipanasin lagi, itu lebih rendah kadar gula (darah)nya,” ujar dokter ahli metabolik endokrin Dr. Aris Wibudi, SpPD-KEMD.

“Belum ada penelitian yang nasi. Tapi apakah bisa disamakan? Belum tentu. Kalau kentang sudah ada penelitiannya. Tapi kalau makannya tetap banyak ya tetap naik,” tambah Dr. Aris.

Memang benar apa adanya jika nasi dingin bisa menjadi pilihan bagi penderita diabetes, mengingat indeks glikemiknya yang cenderung rendah. Hanya saja tetap perhatikan pula kebutuhan protein, serat, dan juga lemak secara seimbang.

Baca Juga: Ini Camilan Sehat untuk Pria Modern

Baca Juga: Pola Makan dan Diet Sehat Wujudkan Misi Zero Hunger

Baca Juga: Komunitas Ini Ajak Anggotanya Sehat dengan Freeletics


Share To


inggil

inggil

Nov. 13, 2019, noon


tags : Manfaat Nasi Dingin Nasi Putih Nasi Dingin Diabetes


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru