Alas-Purwo.jpg

Mistisnya Hutan Alas Purwo Banyuwangi

oleh: inggil Travel Friday, 31 January 2020 16:00 p.m.


Mancode - Masih ingat dengan cerita KKN Desa Penari? Jika iya, maka tak asing dengan nama tempat Alas Purwo di Banyuwangi. Ya, daerah itu banyak dihubung-hubungkan para netizen sebagai tempat cerita KKN yang sedang viral kala itu. Memang benar apa adanya jika Alas Purwo menyimpan banyak kisah mistis yang bersliweran. Hutan yang terletak di ujung tenggara Jawa Timur tersebut memang dikenal angker dan penuh misteri.

Menelisik lebih dalam lagi Alas Purwo yang menjadi hutan tertua di pulau Jawa. Tempat itu juga terkenal sebagai tempat semedi mencari pesugihan dan berkumpulnya para jin. Disebut Alas Purwo sendiri konon juga diambil berdasarkan legenda yang berkembang di masyarakat.

Alas Purwo mempunyai makna ‘Hutan Pertama’ atau ‘Hutan Permulaan’. Penamaan itu juga sebagai mitos bahwa awal mula penciptaan Pulau Jawa dimulai dari Alas Purwo. Masyarakat sekitar pun juga mempercayai jika Alas Purwo sebagai tempat pemberhentian terakhir rakyat Majapahit yang menghindar dari serbuan Kerajaan Mataram. Bahkan, beberapa cerita menyebut jika di Alas Purwo masih menyimpan Keris Pusaka Sumelang Gandring.

Hutan-Alas-Purwo-Banyuwangi.jpg

Alas Purwo sendiri memiliki luas sekitar 43.420 hektar dan terbagi menjadi beberapa zona bagian, yakni zona inti 17.200 ha, zona rimba 24.767 ha, zona pemanfaatan 250 ha, dan zona penyangga 1.203 ha.

Saat berkunjung ke Alas Purwo, ada salah satu goa terkenal yang disebut Goa Istana yang konon merupakan tempat bersemedi dan berdiam diri. Bahkan, Presiden pertama Indonesia, Soekarno pernah mengunjungi goa tersebut untuk bertapa dan mencari ketenangan. Ada pula cerita jika Soekarno di sana bertemu dengan penguasa laut selatan Nyi Roro Kidul.

Cerita masyarakat yang berkembang pun menyebut jika Goa Istana ini dijaga oleh dua prajurit bangsa jin yang bertubuh besar. Selain itu, goa ini juga menjadi pusat semua penghuni yang ada di Alas Purwo. Bak sebuah kerajaan yang menyimpan banyak misteri Alas Purwo disinyalir merupakan pusat kerajaan makhluk halus di Tanah Jawa.

Alasan banyak orang yang bersemedi di Goa Istana sendiri tak lain ingin merubah garis kehidupan lebih baik. Banyak cerita menyebut orang-orang rela berdiam diri selama berpuluh-puluh hari demi mendapatkan wangsit, berkah hingga naik pangkat jabatan. Bahkan, tak hanya mencari wangsit saja, ada juga yang bersemedi demi mencari keris.

Goa-Istana-Alas-Purwo.jpg

Tidak hanya Goa Istana saja yang menyimpan misteri, tetapi ada juga sebuah makam di Alas Purwo bernama Makam Mbah Dowo. Makam tersebut ditemukan pada 1960 oleh sekelompok pengembala kambing. Mempunyai panjang sekitar 7 meter, makam tersebut bukan makam jasad manusia melainkan tempat sebuah tombak pusaka milik empu Barada yang bernama Tombak Toro Welang.

Makam-Alas-Purwo.jpg

Tombak tersebut pada masanya digunakan untuk melawan janda berilmu hitam, Calon Arang. Akan tetapi, Suryo Bojonegoro melanggar amanah dan membuka tempat pusaka sebelum sampai ke Istana Klungkung. Kejadian tersebut membuat tombak itu kembali ke tanah tanpa bisa diambil kembali.

Alas-Purwo-Pura-Saloka.jpg

Dikenal sebagai pusat kerajaan Jawa dan sarat akan unsur kejawennya, Alas Purwo ternyata juga mempunyai peninggalan Kerajaan Hindu. Terlihat dari pintu masuk terdapat peninggalan sejarah berupa Pura Agung yang menjadi tempat upacara bagi umat Hindu, yakni Pagerwesi. Pagerwesi sendiri mempunyai makna sebagai benteng perlindungan yang melambangkan kekuatan spiritual manusia.

Baca Juga: Mengenal Tari Seblang Ritual Mistis di Desa Banyuwangi

Baca Juga: Bikin Merinding, Ini Kisah Mistis di Lubang Buaya

Baca Juga: Cerita Mistis Jembatan Panus Depok


Share To


inggil

inggil

Jan. 31, 2020, 4 p.m.


tags : Mistis Banyuwangi Kejawen Goa Istana Alas Purwo Alas Purwo Hutan Alas Purwo Kerajaan jawa


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 29 September 2020 10:00 a.m.

Melihat Sisi Lain Syafira Febrina dalam “Hati Yang Terluka”

Entertainment 29 September 2020 8:00 a.m.

Aura Kasih Luncurkan Single “Renjana”

Entertainment 29 September 2020 7:00 a.m.

16 Tahun Berkarya, Kotak Rilis Album “Identitas”

Entertainment 28 September 2020 14:00 p.m.

Mike Tyson Akan Berbagi Kisah Hidupnya di Mola Living Live