mini electric.jpg

MINI Resmi Pasarkan Mobil Listrik Pertamanya di Indonesia

oleh: galih Life Style Thursday, 9 June 2022 14:00 p.m.


Mancode - MINI Indonesia kembali menghadirkan produk terbarunya. Kali ini, brand ikonik asal Inggris ini hadirkan kendaraan full listrik premium kompak pertama di Indonesia bernama MINI Electric.

“MINI kembali membuat pencapaian penting dengan menjadi brand otomotif premium pertama di segmennya yang meluncurkan kendaraan full listrik, dan mulai sekarang MINI Electric telah tersedia untuk pelanggan di Indonesia,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, kemarin.

“Hadirnya MINI Electric di Indonesia juga merupakan salah satu bagian penting dari mobilitas berkelanjutan. Terlebih, MINI Electric merupakan kendaraan premium full listrik pertama di segmennya,” tambah Ramesh


Sementara Kidd Yam, Head of MINI Asia mengatakan MINI Electric adalah MINI ikonik dan tetap pertahankan semua nilai historis MINI dengan sentuhan masa depan. Kendaraan ini padukan sensasi go-kart legendaris, desain khas, dan kualitas premium dengan pengalaman mengemudi bebas emisi.

“Motor listrik 135 kW/184 hp yang dipasang bagian bawah, memberikan pusat gravitasi ekstra rendah, yang tidak hanya meningkatkan stabilitas dan pengendalian, tetapi membuat setiap tikungan lebih menyenangkan dari sebelumnya. Ini adalah MINI yang paling intens dan paling berevolusi,” jelas Kidd.

Spesifikasi MINI Electric

mini electric-2.jpg

MINI Electric menjadi kendaraan full listrik (BEV) pertama dari MINI Indonesia, dan kendaraan full listrik kompak premium pertama di Indonesia. Ditenagai oleh motor listrik dengan 135 kW/184 hp dan tenaga maksimum 270 Nm.

Baterai lithium-ion khusus memungkinkan jangkauan hingga 232 km (WLTP) tanpa mengurangi volume kompartemen bagasi. Wallbox charging dan biaya pemasangan sudah termasuk dalam paket pembelian. Pengisian daya bisa dilakukan di rumah pelanggan ataupun di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Dapat menggunakan Fast Charging menggunakan CCS DC Charging hingga 50 kW.

mini electric-1.jpg

Status proses pengisian dapat dilihat di bagian dalam tutup pengisian. Ada beberapa cara untuk mengisi daya MINI Electric. Type 2 dengan MINI Wallbox di rumah ataupun pengisian umum seperti di mall, café, hotel, dan lainnya, dengan daya pengisian hingga 11kW membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi 80% daya kendaraan.

Sementara, khusus yang menggunakan travel charger dengan daya pengisian 2,3kW, hanya membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk mengisi 80% daya kendaraan. DC atau fast charging dengan daya pengisian hingga 50kW membutuhkan waktu sekitar 36 menit untuk mengisi 80% daya kendaraan.

MINI Electric ditawarkan dalam satu mesin dan varian transmisi dengan ukuran baterai. Fitur gandar depan 135kW (184hp) motor listrik dan baterai dengan kapasitas 28,9kWh nett (32,6kWh gross).

Dayanya setara dengan MINI 3 Door mesin konvensional. Bobot yang lebih berat sekitar 150 kg, MINI Electric memiliki pusat gravitasi lebih rendah. MINI Electric dapat mencapai kecepatan maksimum 150 km/jam dan jarak mengemudi hingga 232 km. Dengan penggerak roda depan, akselerasi MINI Electric dari 0-60 km/jam hanya dalam 3,9 detik dan 0-100 km/jam dalam 7,3 detik.

Beranjak ke bagian eksterior, tampilan depan mobil listrik ini sangat ekspresif dan berciri khas lampu depan MINI yang bulat dengan teknologi LED. Lampu kabut depan sebelumnya diganti dengan lubang udara vertikal yang ditempatkan jauh ke luar, berfungsi sebagai bukaan tirai udara dan mengoptimalkan aerodinamis kendaraan. Strip bumper tengah, yang juga berfungsi sebagai dudukan plat nomor, kini hadir dalam warna bodi.

interior mini electric.jpg

Sedangkan bagian interior, MINI Electric mengalami peningkatan teknologi dan fitur yang menarik. Banyak fungsi dan elemen desain yang baru, tetapi tetap mempertahankan dimensi yang sama dengan MINI Cooper S konvensional, termasuk bagasi.

MINI tawarkan desain interior yang eksklusif khusus MINI Electric. Desain setir yang baru dilengkapi dengan tombol multifungsi yang terintegrasi dalam warna Piano Black. Lalu, instrumen cluster yang baru, desain panel baru berwarna hitam juga diterapkan pada layar 8,8 inci di MINI Electric.

Pada bagian ventilasi udara dalam dan luar juga hadir dengan desain modern. Dekorasi baru untuk panel kokpit dengan tampilan horizontal, desain baru untuk permukaan interior dengan dekorasi bezel pintu Piano Black, dan ambient light hadir dengan warna warna baru.

MINI Electric ditawarkan dalam dua varian: MINI Electric dan MINI Electric Collectio. Mengenai harga, MINI Electric dibanderol dengan harga Rp945.000.000 off the road. Sedangkan MINI Electric Collection seharga Rp955.000.000 off the road. Harga ini sudah termasuk MINI wallbox, kabel untuk public charging, serta travel charger, termasuk biaya pemasangannya.

Baca Juga: Usung Desain Future Tech, Begini Tampilan Mobil Listrik Wuling EV

Baca Juga: Minat Masyarakat Indonesia Terhadap Mobil Listrik Kian Meningkat




Share To


galih

galih

June 9, 2022, 2 p.m.


tags : Mobil Listrik Harga Mini Electric Spesifikasi Mini Electric Mini Electric Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA