Minat Penelusuran Orang Indonesia Terhadap “Acara Virtual” Tumbuh 257 Persen.jpg

Minat Penelusuran Orang Indonesia Terhadap “Acara Virtual” Tumbuh 257 Persen

oleh: rachli Technology Monday, 14 March 2022 9:00 a.m.


Mancode - Masa pandemi Covid-19 memberi banyak waktu luang bagi masyarakat Indonesia. Kondisi tersebut mendorong mereka mencari cara kreatif untuk menghabiskan waktu selama di rumah. Daring menjadi cara untuk mendapatkan informasi, hiburan, dan juga tetap terhubung dengan orang-orang.

Laporan Year in Search 2021 menunjukkan konten yang dulu hanya ada di platform tradisional sekarang pindah ke digital, begitu pula dengan konsumen yang turut beralih ke digital. Hal ini terlihat dari pencarian hiburan sepanjang 2021.

Dalam keterangan resmi yang diterima belum lama ini, penelusuran “konser virtual” meningkat hingga 133 persen, penelusuran “bukber online” tumbuh hingga tiga kali lipat, dan penelusuran “acara virtual” tumbuh hingga 257 persen.


Penelurusan untuk “acara virtual” yang tumbuh hingga 257 persen karena konsumen mencari cara untuk menyelenggarakan atau menghadiri pertemuan online. Terdapat peningkatan pada minat penelusuran terkait “ulang tahun online” tumbuh 47 persen dan “wedding virtual” tumbuh 90 persen.

Di samping itu, menurut laporan, orang Indonesia menginginkan konten yang modern dan segar. Hal itu bisa dilihat dari minat penelusuran YouTube untuk “series baru’ meningkat 42 persen dan minat penelusuran untuk “konten viral” tumbuh dua kali lipat.

“Ketertarikan terhadap konten yang baru juga ditemukan pada pilihan lagu, di mana terdapat peningkatan pada minat penelusuran terkait “tangga lagu Indonesia” meningkat 100 persen dan “lagu indie” meningkat 85 persen,” bunyi laporan tersebut.

Selain itu, fenomena korean wave di Indonesai semakin meningkat setiap tahunnya, minat penelusuran untuk “k-pop” tumbuh dua kali lipat, pencarian kata “lagu k-pop baru” tumbuh sebesar 71 persen. Sedangkan penelusuran “penyedia merek over-the-top (OTT)” turut meningkat 44 persen.

Di masa pandemi, banyak orang Indonesia yang jugs mulai menyukai konten tentang game. Minat penelusuran YouTube untuk “mabar online” meningkat 70 persen, penelusuran “kode redeem” tumbuh 280 persen disertai kata kunci terkait seperti Garena Free Fire, dan penelusuran “kompetisi e-sport” tumbuh dua kali lipat.

Selain hiburan, banyak juga orang Indonesia yang mencari kesempatan untuk belajar online. Minat penelusuran “les online” tumbuh 46 persen karena banyak orang Indonesia yang mencari metode pembelajaran digital.

Sektor bisnis juga mulai menerapkan seminar virtual, dengan minat penelusuran untuk “webinar” di Indonesia tumbuh 48 persen. Pandemi juga mempercepat adopsi pembelajaran digital Indonesia. Ada peningkatan minat penelusuran “e-learning” sebesar 144 persen seiring populernya platform teknologi edukasi di Indonesia.

Dalam laporan tersebut turut membagikan tips untuk marketers. Berikut tiga tips untuk membuat strategi pemasaran di tahun ini:

  1. Asosiasikan brand dengan konten hiburan dan bangun kehadiran brand di seluruh platform.
  2. Tingkatkan loyalitas terhadap brand melalui cara-cara kreatif untuk mempertahankan engagement di platform.
  3. Terus ikuti tren konten agar tetap relevan dan pelajari bagaimana data dapat diolah menjadi cerita dengan Google Trends.

Baca Juga: Randy “Nidji” Bikin Artwork NFT Bermodalkan Smartphone Ini

Baca Juga: Kolaborasi Indosat dan Ericsson Perluas Jaringan 5G di Indonesia

Baca Juga: Gading Marten Bagikan Tips Bikin Konten Epic dengan Galaxy S22 Ultra




Share To


rachli

rachli

March 14, 2022, 9 a.m.


tags : Year in Search 2021 Orang Indonesia Acara Virtual


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA