20221206_115656.jpg

Meta Rilis Daftar Tren yang Diminati Gen Z di Instagram Selama 2022

oleh: galih Technology Tuesday, 6 December 2022 19:00 p.m.


Mancode - Untuk pertama kalinya, Meta merilis daftar tren konten yang disukai Gen Z di Indonesia melalui platformnya, Instagram selama 2022.

Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta Indonesia dan Asia Tenggara, mengatakan di Instagram Gen Z memiliki kekuatan untuk menciptakan tren. Terlebih, 3,2 miliar atau 41 persen dari populasi dunia adalah Gen Z.

"Kami menjabarkan deretan fitur, musik, dan tagar yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini, dan merangkum karakterisasi unik yang akan membedakan mereka dengan generasi sebelumnya," kata Revie dalam konferensi pers #MetaID2023 di Jakarta, Selasa (6/12/2022).


Bekerja sama dengan Populix, Instagram berhasil merangkum hasil survei terhadap 2.000 Gen Z dari seluruh Indonesia. Dari hasil survei, ada beberapa hal yang diminati Gen Z di Instagram sepanjang 2022.

Pertama, kata Revie, Gen Z gemar menyatukan hubungan dan hiburan dalam satu tempat. Di mana 73 persen dari mereka menyukai konten video yang dikonsumsi melalui Reels, diikuti dengan Instagram Story.

"Kedua fitur ini menjadi platform bagi Gen Z di Indonesia untuk menonton konten yang menghibur, sembari terus terhubung dengan orang lain melalui percakapan di DM dan kolom komentar," ungkap Revie.

Dia melanjutkan, alasan yang sama juga menjadikan fitur Stiker Add Yours sebagai salah satu fitur terfavorit Gen Z di Reels dan Stories. “Dump Bulanan”, “Apapun Ketika Kamu Mahasiswa” dan “Foto Selfie atau Screenshot di Galeri Foto” adalah tiga Stiker Add Yours yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini.

Selain itu, kata Revie, Gen Z lebih memilih untuk mengikuti kreator sebagai sumber inspirasi mereka, dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

"Komedi, fesyen, makanan, dan gaya hidup sehat menjadi empat topik yang paling dicari dan diikuti Gen Z melalui kreator, seperti @karmalogy yang mendapat lebih dari 57M views dari konten jenaka di Reels, dan @cindypriscilla lewat konten fesyen," jelas Revie.

Menariknya, tak hanya soal hubungan dan hiburan, menurut Revie, Gen Z juga concern terhadap isu sosial. Ini menjadi salah satu topik yang paling diminati Gen Z di Instagram di tahun ini.

"Lima topik yang paling banyak diikuti adalah Lingkungan & Sustainability, Otentik & Menjadi Diri Sendiri, Pemberdayaan Perempuan, Komunitas, dan Kesehatan Mental," kata Revie.

Terakhir, identitas digital menjadi salah satu tren yang datang dari Gen Z di Instagram. Penggunaan fitur Avatar terus meningkat di kalangan Gen Z di Instagram, di mana Thumb Up, Blowing Kiss dan Winky menjadi tiga Avatar yang paling sering mereka bagikan di Instagram.

"Tren Kreator Virtual juga terus merambah di Asia, termasuk Indonesia, di mana kreator @lav_caca menghibur pengikutnya dengan konten nyanyian dangdut," tutup Revie.




Share To


galih

galih

Dec. 6, 2022, 7 p.m.


tags : Tren Konten Instagram Technology Meta Instagram


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA