Inspirasi Resep Dessert Cokelat Lokal ala Masterchef Indonesia.jpg

Meriahkan Akhir Tahun, Intip Inspirasi Resep Dessert Cokelat ala Masterchef Indonesia

oleh: rachli Life Style Wednesday, 28 December 2022 11:00 a.m.


Mancode - Desember merupakan festive season yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Bagaimana tidak, di momen ini tidak sedikit dari mereka yang mempersiapkan segala sesuatunya, seperti halnya sajian sederhana namun istimewa berbahan dasar dari cokelat.

Melihat momen itu, alumni Masterchef Indonesia 6, Jordhi Aldyan Latif membagi resep dessert Triple Chocolate Box. Pada resep ini, Jordhi menggunakan Coklat Pak Tani yang merupakan chocolate bar asal Sigi, Sulawesi Tengah.

“Wangi cokelatnya berbeda dari permen cokelat lain karena kandungan kakaonya yang tinggi. Aroma dan rasa cokelatnya dominan meninggalkan sedikit rasa pahit atau aftertaste yang khas,” katanya.


Dengan dibagikannya resep ini, Jordhi sendiri berprinsip, daripada membeli lebih baik membuat makanan sendiri. Pasalnya, selain lebih hemat, rasa makanan bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Semisal, karena keluarga tidak terlalu suka manis, dirinya selalu membuat dessert dengan sedikit gula.

“Dengan begitu, cokelatnya akan lebih terasa daripada gulanya. Kalau memakai cokelat Sigi, kita hanya perlu menambahkan bahan-bahan yang tepat. Misalnya, untuk mendapatkan tekstur creamy, kita bisa mencampurkan cokelat leleh dan whipping cream,” ucapnya.

Tidak hanya Jordhi, pemenang Masterchef Indonesia 2, Desi Triasnawati turut membagikan resep dessert cokelatnya, yakni Nama Chocolate. Bagi yang ingin mencoba, simak proses pembuatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini.

Resep Triple Chocolate Box

Bahan Choco Sponge Cake antaranya tiga butir telur (ukuran besar), 50 gr terigu protein sedang, 30 gr cokelat bubuk, 50 gr salted butter (lelehkan), satu sendok teh ekstrak vanila atau esens rum (opsional), 50 gr gula pasir.

Bahan Choco Whipped antaranya 500 gr whipping cream, 50 gr cokelat bubuk, 50 gr gula pasir, 100 gr Coklat Pak Tani (lelehkan).

Bahan Choco Ganache antaranya 200 gr Coklat Pak Tani, 200 gr whipping cream.

Cara membuat Choco Sponge Cake

Kocok telur, gula, dan vanila sampai pucat mengembang. Ayak bahan kering, masukkan ke dalam adonan, aduk rata. Masukkan mentega leleh, aduk dengan cara folding. Lalu, panggang dengan suhu 180 derajat selama 25 – 30 menit.

Cara membuat Choco Whipped

Cincang kasar cokelat, lelehkan. Kocok cokelat leleh dengan whipping cream dan gula. Masukkan ke dalam piping bag.

Cara membuat Choco Ganache

Hangatkan whipping cream di atas kompor dengan api kecil. Tuang ke cokelat cincang, aduk rata.

Cara menyusun:

Potong cake sesuai ukuran boks, letakkan di dasar. Semprit choco whipped ke seluruh permukaan cake. Letakkan lagi potongan cake, dan semprit choco whipped. Tuang choco ganache, taburkan cokelat bubuk.

Resep Nama Chocolate

Bahan antaranya 250 gr Coklat Pak Tani, 150 gr krim, 50 gr mentega tawar, Cokelat bubuk secukupnya

Cara membuat:

Cincang kasar cokelat, masukkan ke dalam wadah. Didihkan krim dan mentega, tuang ke atas cokelat, aduk hingga merata. Tuang adonan cokelat ke cetakan yang telah dilapisi kertas. Dinginkan cokelat di dalam kulkas minimal tiga jam. Potong cokelat sesuai selera dengan pisau yang telah dicelupkan ke air panas. Taburkan cokelat bubuk, sajikan.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Kreasi Cokelat Ala SKIPPY Peanut Butter

Baca Juga: 5 Cara Menyiapkan Makanan Sehat ala Ahli Gizi dan Masterchef Indonesia

Baca Juga: Ini Kreasi Makanan Indonesia dari Kenari Maluku, Tertarik Mencoba?




Share To


rachli

rachli

Dec. 28, 2022, 11 a.m.


tags : Inspirasi Resep Dessert Cokelat Masterchef Indonesia Akhir Tahun


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA