Menparekraf Tinjau Kesiapan Penyedia Akomodasi Tenaga Medis.jpg

Menparekraf Tinjau Kesiapan Penyedia Akomodasi Tenaga Medis

oleh: rachli Travel Monday, 30 March 2020 9:00 a.m.


Mancode - Sebagai garda terdepan dalam menangani virus Corona atau Covid-19, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio meninjau kesiapan hotel yang menjadi akomodasi para tenaga medis dan gugus tugas.

Menparekraf Wishnutama mengunjungi Novotel Cikini, Jakarta yang menjadi salah satu tempat menginap para tenaga medis dan gugus tugas. Kunjungan ini untuk meninjau persiapan akhir pihak hotel dalam menyiapkan akomodasi.

Baca Juga: Kemenparekraf Fasilitasi Tenaga Medis Covid-19

Didampingi Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Pemasaran Nia Niscaya, dan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kemenparekraf Ari Juliano Gema, Menparekraf melihat proses check in di area lobby. Di proses ini, pihak hotel menerapkan physical distancing dengan ketat.

“Saya sudah keliling dan meilhat persiapannya, di mana alasan hotel yang terpenting untuk kami bekerja sama dalam program ini adalah jaringan hotel harus memiliki standarisasi yang sudah ditetapkan,” katanya di Jakarta (29/3/2020).

Secara teknis untuk menginap, tenaga medis dan anggota gugus tugas yang sebelumnya sudah didaftarkan pihak rumah sakit rujukan hanya diminta menunjukkan foto identitas diri melalui layar smartphone agar disesuaikan dengan data yang ada dan selanjutnya diinfokan nomor kamar.

Menparekraf Tinjau Kesiapan Penyedia Akomodasi Tenaga Medis 2.jpg

Setalah mendapat nomor kamar, kemudian tenaga medis maupun anggota gugus tugas berjalan menuju selasar lobby yang kemudian mengarah ke meja yang telah diletakkan kunci kamar sesuai dengan nomor kamar dan lantai. Di depan lift juga tersedia tanda physical distancing.

Untuk kebutuhan selama menginap, pihak hotel juga menyiapkan semuanya sesuai dengan standard operational procedure (SOP) yang telah ditetapkan WHO dan Kementerian Kesehatan. Mulai dari makanan, laundry pakaian, hingga staf yang bertugas telah disiapkan dengan perlengkapan lengkap.

Baca Juga: Sektor Pariwisata Indonesia Turun 50 Persen Akibat Covid-19

“Saya cek langsung bagaimana cara mengambil kunci kamar dengan aman, mengambil makanan dengan aman, juga laundry dengan aman. Itu semua faktor yang perlu kita perhatikan dan menjadi salah satu syarat utama kita,” jelas Menparekraf Wishnutama.

Sementara itu, Adi Satria selaku Vice President of Sales, Marketing and Distributions, Accor Hotels mengatakan, saat ini pihaknya menyiapkan empat hotel untuk menjadi sarana menginap, yakni Novotel Cikini, Mercure Cikini, Ibis Styles Jakarta Sunter, dan Ibis Senen.

Baca Juga: Kemenparekraf Siapkan Kebijakan Tangani Covid-19

Adi juga memastikan bahwa pihaknya menerapkan SOP yang sesuai dengan standarisasi dari WHO dan Kementerian Kesehatan. Tentunya, hal itu dilakukan mengutamakan kepentingan para tenaga medis, yakni dokter dan perawat, dan kesehatan karyawan hotel.

“Mulai dari mereka datang, housekeeping dan laundry hotel. Selama masa ini kami tidak membuka penginapan untuk umum, jadi khusus untuk dokter dan perawat,” katanya.


Share To


rachli

rachli

March 30, 2020, 9:10 a.m.


tags : Kementerian Kesehatan Covid-19 Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, physical distancing WHO virus Corona Menparekraf Wishnutama


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like