Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Pembukaan Kawasan Monas Bagi Wisatawan.jpg

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Pembukaan Kawasan Monas Bagi Wisatawan

oleh: rachli Travel Tuesday, 24 May 2022 9:00 a.m.


Mancode - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan kembali membuka kawasan Monumen Nasional (Monas) bagi wisatawan dalam waktu dekat, dengan tujuan mendukung kebangkitan ekonomi melalui sektor pariwisata.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI. Selain itu, Kemenparekraf sudah mengajukan sebelum lebaran Monas sudah kembali dibuka, karena selain daripada Ancol, TMII, dan Ragunan, pembukaan kawasan Monas sudah dinanti wisatawan.

“Diharapkan dalam dua pekan ke depan sudah bisa kembali dibuka,” kata Menparekraf Sandiaga dalam acara Halalbihalal Kemenparekraf/Baparelraf di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Senin (23/5/2022).


Dengan dibukanya kembali kawasan Monas bagi wisatawan, akan membawa dampak besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Monas sebagai salah satu ikon Kota Jakarta merupakan destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di sisi lain, dengan dibukanya kawasan Monas karena Kemenparekraf memiliki sejumlah event nasional dan internasional. Banyak yang tertarik untuk datang ke Jakarta, dan Monas menjadi daya tarik utama. Banyak juga sejumlah kegiatan yang ingin menggunakan Monas sebagai backdrop.

Rencana pembukaan kembali kawasan Monas oleh Pemprov DKI Jakarta tidak lepas dari kondisi pandemi yang terkendali. Bahkan Presiden Joko Widodo belum lama ini melonggarkan kebijakan pemakaian masker di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat orang.

Namun, kebijakan ini jangan sampai membuat terlena bahkan jemawa dan menjadi lalai terhadap penerapan protokol kesehatan. Penggunaan masker tetap berlaku bagi warga yang berkegiatan di ruangan tertutup, transportasi publik, kategori rentan, atau memilikit penyakit bawaan atau komorbid.

“Dengan pelonggaran relaksasi ini jangan membuat kita jemawa dan lalai. Harapannya dengan angka Covid-19 yang masih terkendali ini justru akan menjadi pemicu akselerasi dari kebangkitan momentum kita pascalebaran ini untuk kebangkitan ekonomi kita,” ujarnya.

Sekadar informasi, libur lebaran 2022 dikatakan Menparekraf Sandiaga menjadi momentum dalam kebangkitan ekonomi di sektor parekraf. Di mana perputaran uang ditaksir mencapai Rp72 triliun di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Karena selama dua tahun (libur lebaran) masyarakat itu menabung, tidak melakukan kegiatan wisata maupun juga tidak membeli banyak oleh-oleh. Akhirnya setelah diperbolehkan mudik, peningkatan penjualan produk-produk ekonomi kreatif, kuliner, pendapatan ini meningkat dan patut kita syukuri," kata Sandiaga.

Baca Juga: Bangkitkan Sektor Pariwisata, HIN dan Renjana Production Gelar ‘Jelajahin Livin Sanur Fest 2022-Bali kemBali’

Baca Juga: Kemenparekraf dan Agoda Siap Tingkatkan Promosi Pariwisata Indonesia

Baca Juga: Moto Guzzi Museum di Italia Kembali Tawarkan Wisata Sejarah Moto Guzzi




Share To


rachli

rachli

May 24, 2022, 9 a.m.


tags : Wisatawan Menparekraf Sandiaga Uno Monas


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE