Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Gelaran GTRA Summit 2022.jpg

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Gelaran GTRA Summit 2022

oleh: rachli Travel Friday, 10 June 2022 13:00 p.m.


Mancode - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi perhelatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 yang berlangsung di Marina Togo Mowondu, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada 9 Juni 2022.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (9/6/2022), kehadiran GTRA Summit 2022 merupakan ruang untuk bertukar pikiran dan pemecahan masalah dengan kementerian dan lembaga, serta pemerintah daerah terkait agraria.

“Masalah tanah ini jika tersertifikasi, bisa tiba-tiba peluang untuk keluar dari kemiskinan yang absolut bagi masyarakat, terutama masyarakat yang di pesisir bisa disolusikan,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.


Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa kendala mengenai sertifikasi tanah memiliki dampak pada tingginya tingkat kemiskinan, sehingga perlu dicarikan jalan keluarnya dengan peran serta kementerian dan Lembaga terkait.

Terlebih di daerah pesisi yang memiliki banyak gugusan pulau kecil, seperti Wakatobi, potensi pariwisata dan ekonomi kreatifnya sangat besar, oleh karena itu, Menparekraf berharap melalui GTRA Summit 2022 ini dapat mewujudkan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, tepat waktu, guna mendorong kebangkitan ekonomi dengan terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan, sejak 2015 telah mengingatkan betapa pentingnya persoalan sertifikat tanah, karena seperti yang diketahui masih banyak yang tumpeng tindih atas pemanfaatan lahan.

Persoalan ini juga menimbulkan kekhawatiran pada investasi. Dari total 126 juta yang harusnya memiliki sertifikat, namun pada tahun 2015, yang tersertifikasi baru mencapai 46 juta. Artinya 80 juta penduduk Indonesia menempati lahan tetapi tidak memiliki hak hukum atas tanah yang namanya sertifikat. Karenanya, Presiden memberi arahan kepada Menteri ATR/BPN untuk menuntaskan persoalan tersebut melalui GTRA.

"Sehingga sampai sekarang ini dari 46 juta sudah naik menjadi 80,6 juta sertifikat hak milik," kata Presiden.

Presiden Joko Widodo berharap melalui GTRA integrasi antara kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah bisa diperkuat guna menyelesaikan permasalahan yang ada di kalangan masyarakat. "Agar sengketa lahan itu bisa kita selesaikan," kata Presiden.

Usai menghadiri pembukaan GTRA Summit 2022 Menparekraf Sandiaga bersama Presiden Joko Widodo bergerak meninjau kegiatan layanan telemedicine dan expo UMKM yang berada dalam kawasan Marina Togo Mowondu.

Turut hadir pada acara GTRA Summit 2022, Anggota Komisi II DPR RI, Hugua; Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil; Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadaalia; Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Wakil Menteri ATR/Kepala BPN, Surya Tjandra; serta para tamu undangan.

Baca Juga: Mastercard Economics Institute: Industri Perjalanan Asia Pasifik Meningkat

Baca Juga: Kemenparekraf Dorong Candi Borobudur Jadi Kawasan Green Tourism

Baca Juga: Rasakan Kesegaran Kreasi Matcha Racikan Hotel Santika Premiere ICE-BSD City




Share To


rachli

rachli

June 10, 2022, 1 p.m.


tags : Wakatobi GTRA Summit 2022 Menparekraf Sandiaga Uno Gugus Tugas Reforma Agraria Presiden Jokowi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA