Stargazer.jpg

Menjajal Kenyamanan dan Keandalan Hyundai Stargazer

oleh: galih Life Style Monday, 25 July 2022 13:00 p.m.


Mancode - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengadakan Media Experience Day with Stargazer untuk awak media. Seluruh awak media, termasuk tim Mancode.id dapat melihat dan merasakan langsung salah satu produk yang akan diluncurkan secara resmi di ajang GIIAS 2022.

Kegiatan ini dilakukan di Proving Ground Test Track Area, Pabrik Hyundai Motor di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Hyundai Stargazer merupakan lini MPV Hyundai dan merupakan produk keempat setelah Creta, Ioniq 5, dan Santa FE yang akan diluncurkan dan diproduksi langsung di pabrik Hyundai di Indonesia.


Stargazer-2.jpg

Kegiatan ini dimulai dengan awak media yang diajak untuk mencoba langsung performa dan akselerasi Hyundai Srargazer di area Proving Ground Test Track yang dimiliki oleh pabrik Hyundai. Trek ini terdiri dari jalanan lurus, jalanan berbelok, hingga tanjakan dan turunan. Seluruh awak media berkesempatan mencoba Stargazer di trek ini.

Stargazer sendiri telah dilengkapi dengan Remote Start Engine sehingga peserta tidak perlu lagi memutar tuas kunci untuk menyalakan mesin Stargazer. Lebih lanjut, di kesempatan ini peserta dapat mencoba sendiri 4 (empat) mode berkendara yang tersedia di Stargazer mulai dari Eco, Comfort, Smart dan Sport.

Masing-masing mode yang tersedia digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan pengguna Stargazer mulai dari kebutuhan untuk mendukung penggunaan bahan bakar lebih efisien melalui mode Eco hingga kebutuhan akan akselerasi dan performa di mode sport.

Trek dimulai dengan jalanan lurus dan peserta dapat mencoba responsivitas dan performa dari Stargazer. Begitu memasuki trek, awak media langsung merasakan responsivitas dari putaran tenaga bawah Stargazer. Dilengkapi dengan mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinder yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143.8 Nm/4,500rpm.

Lebih lanjut, akselerasi juga diuji dalam trek tersebut, dengan sistem transmisi IVT, mampu memaksimalkan kecepatan dengan efisien dan irit bahan bakar. Sistem ini juga memberikan pergerakan kendaraan lebih mulus serta responsif dibandingkan transmisi jenis otomatis tradisional saat di perjalanan.

Penumpang juga akan dimaksimalkan kenyamanannya dengan kekedapan kabin dari STARGAZER yang memungkinkan mengurangi suara bising dari jalanan maupun mesin dari mobil itu sendiri.

Stargazer-1.jpg

Setelah melewati trek ini, peserta kemudian masuk ke area pengujian rem. Di area ini, peserta diminta untuk memacu kendaraanya lebih cepat kemudian menguji tingkat kepakeman dari rem Stargazer. Hasilnya, setelah dipacu dengan kecepatan tinggi semua Stargazer yang diuji coba berhasil melakukan braking atau pengereman sampai titik yang ditentukan. Ini membuktikan keamanan dari rem Stargazertelah teruji dan cocok digunakan terlebih di jalanan Indonesia yang memiliki kontur berbeda dan memerlukan bantuan pengereman.

Stargazer juga diuji melalui trek menikung di Proving Ground Track ini. Ketika sebagian besar awak media mencoba trek ini, limbung tidak terasa sama sekali akibat dari struktur kokoh yang dimiliki Stargazer. Hasil dari uji coba ini dipastikan sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, terlebih di kondisi jalan yang berkelok hingga jalanan yang banyak memiliki tikungan tajam.

Terakhir, trek dilanjutkan dengan jalanan menanjak. Ketika Stargazer yang berisikan hingga 3 peserta tersebut menghadapi jalanan dengan sudut elevasi yang tinggi, Stargazerdapat dengan mudah menanjak tanpa adanya raungan mesin yang berlebih. Hal ini membuktikan bahwa performa mesin Stargazerdapat diandalkan untuk jalanan menanjak bahkan di tanjakan dengan sudut elevasi yang tinggi.

Begitu pula dengan turunan, tidak ada guncangan berarti ketika Stargazerberalih dari turunan kembali ke jalanan datar. Selain itu dengan adanya fitur Hill-Start Assist Control (HAC), juga membantu menahan mobil sekitar 5 detik ketika berada di posisi menanjak atau menurun, sehingga pengendara memiliki waktu memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Dengan demikian Stargazer dipastikan dapat menyesuaikan kondisi jalanan Indonesia yang dominan menanjak dan juga menurun, dimana akselerasi terhadap sudut elevasi yang lebih tinggi sering diperlukan terlebih dalam keadaan mobil penuh penumpang.

Harga Hyundai Stargzer

Stargazer kini sudah bisa dipesan melalui dealer atau website resmi HMID. Ada empat varian yang bisa dipilih. Di antarannya Active, Trend, Style, dan Prime. Berikut harga lengkapnya:

Stargazer Active MT - Rp243.300.000

Stargazer Active IVT - Rp255.900.000

Stargazer Trend MT - Rp263.300.000

Stargazer Trend IVT - Rp275.900.000

Stargazer Style - Rp296.300.000

Stargazer Prime - Rp307.100.000

Baca Juga: Hyundai Stargazer Sudah Bisa Dipesan, Harganya Mulai Rp240 Jutaan

Baca Juga: Mercedes-Benz Luncurkan Produk Terbarunya, The All New C-Class




Share To


galih

galih

July 25, 2022, 1 p.m.


tags : Hyundai Stargazer Harga Hyundai Stargazer Stargazer Hyundai Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE