Menilik Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila 1 Juni.jpg

Menilik Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila 1 Juni

oleh: rachli History Wednesday, 1 June 2022 9:00 a.m.


Mancode - Hari Lahir Pancasila setiap tahunnya diperingati pada 1 Juni. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, di mana Hari Lahir Pancasila juga ditetapkan sebagai tanggal merah atau menjadi hari libur nasional.

Berawal dari kekalahan Jepang pada Perang Asia Timur Raya menjadi sejarah Hari Lahir Pancasila. Saat itu, Jepang berusaha mendapatkan hati masyarakat dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membantuk sebuah lemabaga yang tugasnya mempersiapkan kemerdekaan.

Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia sambil menunggu situasi membaik. Pada 1 Maret 1945, Jenderal Dai Nippon Kumakichi Harada yang membawahi Jawa mengumumkan akan dibentuk suatu badan baru dengan nama Dokuritsu Junbi Cosakai.


Nama lain dari badan tersebut adalah Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang secara garis besar dibentuk untuk menyelidiki hal-hal penting yang sekaligus juga menyusun rencana mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia.

BPUPKI dibentuk untuk mengadakan sidang yang para anggotanya membahas mengenai tema dasar negara. Pada 29 Mei sampai 1 Juni 1945 sidang dilakukan di Gedung Chuo Sangi In, yang sekarang menjadi Gedung Pancasila.

Selama lima hari berjalannya sidang BPUPKI, pada hari terakhir atau 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca sendiri berarti lima, sedangkan sila berarti prinsip atau asas.

Hingga sidang usai, belum ada kesepakatan yang dicapai. Ada perbedaan pendapat antara kubu nasionalis dan kubu agamis, salah satunya tentang bentuk negara, antara negara kebangsaan atau negara Islam, meskipun hal ini bukanlah hal yang baru.

Menyikapi persoalan tersebut, dibentuklah Panitia Sembilan untuk menemukan jalan tengah dalam perumusan dasar negara. Panitia ini terdiri dari Soekarno, Mohammad Hatta, Achmad Soebardjo, M. Yamin, Wahid Hasjim, Abdoel Kahar Moezakir, Abikusno Tjokrosoejoso, Haji Agus Salim, dan A.A. Maramis.

Setelah melalui berbagai perdebatan dalam sidang Panitia Sembilan pada 22 Juni 1945, lahirnya rumusan dasar negara Indonesia yang dikenal sebagai Piagam Jakarta atau Jakarta Charter yang terdiri dari:

  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan Sayriat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyaratan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dari hal itulah terbentuk Pancasila hingga kemudian diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Dalam bagian huruf c Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila disebutkan bahwa untuk pertama kalinya Pancasila sebagai dasar negara diperkenalkan oleh Soekarno, anggota Badan Penyelidikan Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia di depan sidang Badan Penyelidikan Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesiap pada 1 Juni 1945.

Baca Juga: Sejarah Singkat Penetapan Hari Pers Nasional 9 Februari

Baca Juga: Mengulik Sejarah Peringatan Hari Ibu

Baca Juga: Fakta Menarik Sumpah Pemuda yang Jarang Diketahui Publik




Share To


rachli

rachli

June 1, 2022, 9 a.m.


tags : Hari Lahir Pancasila Sejarah Soekarno 1 Juni BPUPKI


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA