Menilik Sejarah Peringatan Hari Bumi Sedunia.jpg

Menilik Sejarah Peringatan Hari Bumi Sedunia

oleh: rachli History Thursday, 23 April 2020 8:00 a.m.


Mancode - Pada tanggal 22 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia atau Earth Day. Peringatan Hari Bumi ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran manusia terhadap kerusakan bumi akibat pemanasan global, sampah dan lain sebagainya.

Namun, peringatan Hari Bumi kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun 2020, masyarakat dunia tengah dihadapkan dengan pandemi virus Corona atau Covid-19, yang mengharuskan setiap orang untuk melakukan physical distancing guna menekan penyebaran pandemi.

Baca Juga: Perjuangan Sosok ‘Kartini’ di Dunia Kesehatan

Meskipun demikian, bagaimana sejarah dan asal mula diperingatinya Hari Bumi?

Peringatan Hari Bumi kali pertama dilakukan pada 1970 sebagai hari untuk mengenal isu-isu lingkungan. Gagasan tersebut muncul pada awal 1960-an di Amerika Serikat, ketika orang-orang mulai sadar akan efek pencemaran lingkungan.

Menukil dari berbagai sumber, Hari Bumi dirancang oleh senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, yang juga sebagai seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal 22 April dipilih karena bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan

Baca Juga: Sejarah Lahirnya NU, Organisasi Islam Terbesar Indonesia

Selanjutnya, Nelson bertekad menyakinkan pemerintah bahwa bumi berada dalam bahaya. Pada 1969, Nelson menjadi salah satu orang yang mengembangkan gagasan Hari Bumi. Kemudian mengumumkan konsep Hari Bumi di sebuah konferensi pers di Seattle pada musim gugur 1969.

Peringatan hari Bumi juga dipicu dengan berbagai peristiwa, di antaranya terinspirasi oleh banyaknya protes dan demonstrasi dari pelajar di Amerika Serikat terkait perang di Vietnam, serta adanya kasus tumpahan minyak di pesisir Santa Barbara, California pada 1969.

Satu tahun setelah kasus tumpahan minyak, pada 28 Januari 1970, sebuah deklarasi hak lingkungan hidup atau Declaration of Environmental Rights dibacakan. Deklarasi yang ditulis oleh Rod Nash ini terinspirasi dari deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat yang ditulis Thomas Jefferson.

Baca Juga: Hari Kanker Sedunia 2020 Usung Tema I Am and I Will

Setelah ditetapkan melalui konferensi soal lingkungan hidup, peringatan Hari Bumi digelar untuk pertama kalinya pada 22 April 1970 yang diikuti oleh komunitas dari berbagai kalangan, termasuk para pelajar di Amerika.

Hari Bumi 2020 atau Earth Day 2020 disebut sebagai perayaan yang ke-50. Perayaan ini diikuti oleh berbagai aktivitas dari beberapa lembaga, seperti Great Global CleanUp, Citizen Science, Advocacy, Education, dan mereka yang bergerak di bidang seni.


Share To


rachli

rachli

April 23, 2020, 8 a.m.


tags : Covid-19 physical distancing Hari Bumi Sedunia Gaylord Nelson Pandemi Earth Day 2020 pemanasan global virus Corona


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'