Founder Ciputra Group-Ciputra.jpg

Sosok Ir. Ciputra dalam Kenangan

oleh: rachli Mancave Wednesday, 27 November 2019 10:00 a.m.


Mancode - Kabar duka datang dari pengusaha properti terkemuka sekaligus salah satu orang terkaya di Indonesia, Ciputra. Bapak Ir. Ciputra menghembuskan napas terakhir pada Rabu, 27 November 2019 di Singapura pada usia 88 tahun.

Kabar duka tersebut disebar oleh Corporate Communication Ciputra Group yang berbunyi, “Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir. Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tanggal 27 November 2019 pukul 1:05 waktu Singapore. Kami keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam dan mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini.”

Ciputra merupakan sosok pengusaha properti ternama di Indonesia. Selain founder Ciputra Group, Ir. Ciputra juga merupakan pendiri dari Metropolitan Group, Pondok Indah Group, Jaya Group dan Jaya Ancol. Ciputra juga salah satu pendiri dari Real Estate Indonesi (REI).

Baca Juga: Mengenang Sosok Pak Raden Pencipta Tokoh Si Unyil

Baca Juga: Hari Ini 56 Tahun Penembakan John F. Kennedy

Baca Juga: Panitia Persiapan Kemerdekaan Itu Bernama Sam Ratulangi

Selain berkecimpung di dunia properti, pria yang lahir di Parigi, Sulawesi Tengah pada 24 Agustus 1931 dengan nama Tjie Tjin Hoan ini juga dikenal sebagai filantropis, dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah serta Universitas Ciputra.

Sebelum menuai kesuksesan seperti saat ini, Ciputra kecil sudah merasakan kesulitan dan kepahitan dalam hidup. Menukil dari laman Wikipedia, ayah Ciputra ditangkap pasukan Jepang karena dituduh sebagai mata-mata Belanda. Hingga akhirnya meninggal dunia sebagai tahanan Jepang di Manado.

Ketika remaja, Ciputra bersekolah di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Frater Don Bosco di Manado. Paska lulus, dilanjutkan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ciputra juga sempat bergabung dengan Organisasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

Pada semester empat, Ciputra bersama Budi Brasali dan Ismail Sofyan mendirikan usaha konsultan arsitektur bangunan. Setelah Ciputra meraih gelar insinyur pada 1960, Ciputra pindah ke Jakarta. Kemudian, Ciputra mengawali kariernya di Jaya Group.

Hingga usia 65 tahun, Ciputra bekerja sebagai direksi di Jaya Group, dan setelah itu menjabat sebagai penasihat. Di perusahaan itu, Ciputra diberi kebebasan untuk berinovasi, termasuk di antaranya dalam pembangunan proyek Ancol.

Bersama Sudono Salim (Liem Soe Liong), Sudwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad mendirikan Metropolitan Group dengan proyek pembangunan perumahan mewah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai (BSD).

Pada masa itu, Ciputra duduk sebagai direktur utama di Jaya Group, sedangkan di Metropolitan Group sebagai Presiden Komisaris. Hingga akhirnya, Ciputra mendirikan grup perusahaan keluarga, Ciputra Group. Hingga kini, Ciputra dikenal sebagai sosok entrepreneurship di Indonesia.


Share To


rachli

rachli

Nov. 27, 2019, 10:35 a.m.


tags : Jaya Group Ciputra Meninggal Entrepreneurship Ciputra Group Metropolitan Group Pengusaha Properti


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru