Menilik-Istilah-1%-di-Klub-Motor.jpg

Menilik Istilah 1% di Klub Motor

oleh: emil Mancave Monday, 20 May 2019 11:00 a.m.


Di Indonesia banyak klub motor yang menjadi tempat bernaung para penggemar “tunggangan beroda dua”. Dari mulai motor jenis matic sampai motor besar dapat mancoders temukan klub yang sesuai dengan kendaraan favorit kalian. Namun apakah mancoders pernah menyadari hal yang unik dari klub-klub motor yang ada di Indonesia dan dunia? Hal unik ini berkaitan dengan lambang 1% yang acap kali mereka sematkan di logo klub motornya.

Salah satu klub motor ternama di Indonesia yang menggunakan lambang 1% adalah Bike Brotherhood Motor Club atau BBMC. Lambang tersebut biasanya tersematkan di bagian kiri lambang tengkorak yang berada di logo klub motor yang bermarkas di Kota Bandung tersebut.

Pernahkah-mancoders-melihat-klub-motor-di-Indonesia-yang-menggunakan-istilah-1-persen-atau-1%-di-lambangnya_1.jpg

Usut punya usut bukan hanya BBMC, tahukah mancoders bahwa istilah 1% juga digunakan oleh beragam klub motor di dunia? Namun sejarah dari munculnya angka ini sebenarnya bisa ditarik benang merahnya ke Amerika Serikat dan populer digunakan setelah pasca-Perang Dunia II.

Kala itu banyak para veteran yang merasa kehidupan mereka setelah Perang Dunia II terlalu monoton. Mereka pun memilih untuk mengendarai motor besar seperti Harley-Davidson dan berkeliling berbagai wilayah di Amerika Serikat sebagai pelarian mereka. Lambat laun, para pengendara roda dua itu pun membentuk klub motor.

Sebagaimana dilansir dari onepercenterbikers.com (9/1/2019) istilah 1% ini muncul pada 1947 yang dikeluarkan American Motorcycle Association (Asosiasi Sepeda Motor Amerika). Saat itu organisasi motor di Negeri Paman Sam tersebut diminta memberikan pernyataan terkait insiden Hollister Riot yang terjadi di Kota Hollister, California dari mulai 3-6 Juli 1947.

Pernahkah-mancoders-melihat-klub-motor-di-Indonesia-yang-menggunakan-istilah-1-persen-atau-1%-di-lambangnya_2.jpg

Kala itu banyak pengendara motor dari berbagai klub berkumpul di kota tersebut untuk mengikuti event tahunan. Karena banyaknya konsumsi minuman keras, sejumlah biker pun kehilangan kontrol dan memicu keributan serta kerusakan yang bersifat minor di Kota Hollister. Namun saat itu pemberitaan media cetak memberikan kesan klub motor sebagai sesuatu yang negatif.

Kemunculan tekanan dari media dan image yang buruk dari insiden tersebut, memaksa American Motorcycle Association mengeluarkan pernyataan untuk memperbaiki citra klub motor. “Masalah itu disebabkan oleh satu persen (pengendara) menyimpang yang menodai citra publik dari sepeda motor dan pengendaranya dan 99 persen pengedara motor merupakan warga negara yang baik, sopan serta taat hukum,” sebagaimana dikutip dari buku Wild Ride: How Outlaw Motorcycle Myth Conquered America (9/1/2019).

Namun ada sejumlah klub motor yang cenderung menyukai istilah 1% tersebut. Inilah yang memicu munculnya outlaw motorcycle club atau klub motor yang memiliki gaya hidup di luar hukum. Hell Angels Motorcycle Club, Gypsy Joker Motorcycle Club, Zulus Motorcycle Club dan Bandidos Motorcycle Club merupakan beberapa Klub motor di Negeri Paman Sam yang masuk kategori outlaw. Mereka pun biasanya menyematkan lambang 1% di rompi klub motornya.


Share To


emil

emil

May 20, 2019, 11:12 a.m.


tags : Klub Motor


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia