Pulau Padar di Labuan Bajo (Source: theblondeabroad.com)

Menikmati Keeksotisan Labuan Bajo yang ‘Mantul’

oleh: galih Travel Monday, 4 March 2019 12:00 p.m.


Keindahan alam Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Salah satunya adalah Labuan Bajo yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Awalnya, tempat ini terkenal dengan Taman Nasional Komodo yang menjadi tujuan utama ketika berkunjung ke sana. Namun, saat ini Labuan Bajo makin memesona berkat keindahan pesona laut, budaya lokal, dan lainnya yang dijamin sangat mantab betul (mantul).

Dilansir dari pesonaindonesia.com pada Senin (4/3/2019), nama Labuan Bajo terdiri dari dua kata. Kata ‘Labuan’ memiliki arti tempat berlabuh, dan ‘Bajo’ diambil dari nama Suku Bajo, yakni suku dari Sulawesi yang bermukim di pesisir barat Flores. Suku tersebut kini hidup berdampingan dengan warga asli Flores.

Baca Juga: Mengenal 6 Macam Jas Pria Beserta Fungsinya

Labuan Bajo tak sekadar terkenal dengan destinasi wisata Taman Nasional Komodo. Di sini wisatawan juga bisa menikmati paket wisata yang bisa dibilang sangat ‘komplet’. Mulai dari wisata bahari, destinasi dataran yang indah, hingga menikmati pemandangan dari atas bukit yang sangat mengagumkan.

Pink Beach Labuan Bajo (Source: archipelagos.id)

Pink Beach menjadi salah satu tempat recommended ketika bertandang ke Labuan Bajo. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna merah muda atau pink. Warna pasir ini berasal dari pecahan kerang dan biota laut. Pantai ini menjadi salah satu dari tujuh pantai berpasir merah muda yang ada di muka bumi.

Di pantai ini, Mancoders juga bisa sekaligus menikmati pemandangan bawah laut yang tak kalah indahnya. Di kedalaman laut tersebut, ada beragam jenis ikan, batu karang, dan berbagai jenis biota lainnya. Biota laut tersebut diyakini akan memanjakan mata para wisatawan ketika menyelam.

Tak hanya wisata bahari, ternyata ada beberapa destinasi pulau di Labuan Bajo. Seperti dilansir dari wowkeren.com, salah satu pulau yang wajib dikunjungi ketika bertandang ke sana adalah Pulau Padar. Pulau ini merupakan pulau terbesar ketiga di Taman Nasional Komodo.

Untuk menapaki Pulau Padar, Mancoders tak perlu mengeluarkan biaya atau bujet sedikit pun. Kamu hanya membutuhkan tenaga ekstra untuk mendaki bukit di pulau tersebut. Sesampainya di atas bukit, rasa lelah pun akan terbayar. Mancoders bisa melihat keindahan pemandangan laut yang luas dan sangat menakjubkan.

Masih di atas bukit, wisawatan juga bisa melihat indahnya matahari terbit ataupun terbenam. Sebab ini tak heran, bila banyak wisatawatan baik lokal maupun luar negeri yang ingin belama-lama berada di atas bukit Pulau Padar ini.

Baca Juga: Adidas Hadirkan Desain Sepatu Bertema Captain Marvel

Sementara untuk menuju ke Labuan Bajo, umumnya ada tiga jalur tempuh. Pertama, jalur darat melalui Bali menuju ke Sumbawa Besar dengan menumpang bis. Selanjutnya jalur laut, Mancoders bisa menggunakan moda transportasi kapal laut. Hanya ada dua kapal yang melayani rute Bali- Labuan Bajo, yaitu KM Wilis dari Denpasar - Badas (Sumbawa) - Labuan Bajo.

Selain KM Wilis, kapal KM Tilongkabila juga bisa mengantarmu ke tujuan dengan rute Denpasar - Mataram - Bima - Labuan Bajo. Jalur tempuh selanjutnya adalah dengan pesawat terbang. Untuk tiket pesawat terbang pulang pergi ke Labuan Bajo, Mancoders setidaknya harus menyiapkan dana sekira Rp3 jutaan.


Share To


galih

galih

March 4, 2019, noon


tags : Pariwisata Labuan Bajo Wisata Labuan Bajo Labuan Bajo Travel Berlibur ke Labuan Bajo


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi