Pancasila.jpg

Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila

oleh: galih History Monday, 1 June 2020 7:00 a.m.


Mancode – Pemerintah telah menetapkan bahwa pada 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 2016, peringatan Hari Lahir Pancasila juga telah ditetapkan sebagai hari libur nasional. Lalu, tahukah kamu sejarahnya Hari Lahir Pancasila?

Pencetusan Pancasila diawali dengan pemberian janji kemerdekaan dari Jepang untuk bangsa Indonesia. Saat itu, Perdana Menteri Jepang, Kuniaki Koiso membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada 7 September 1944.

Badan tersebut dibentuk untuk mempelajari dan menyelidiki segala hal yang berkaitan dengan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada 29 Mei – 1 Juni 1945 dengan tujuan merumuskan falsafah negara Indonesia. Selama empat hari, para tokoh perumus Pancasila yang terdiri dari Ir Soekarno, M. Hatta, Soepomo, Mohammad Yamin, dan K.H Abdul Wachid Hasyim merumuskan 5 asas untuk negara Indonesia.

Pada 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan 5 asas Indonesia yang ia sebut Pancasila. Lima asas yang disampaikan Soekarno yakni, kebangsaan Indonesia, internasionalisme atau perikemanusiaan, persatuan dan kesatuan, kesejahteraan sosial, dan ketuhanan yang Maha Esa.

Pidato itu diterima secara aklamasi oleh segenap anggota BPUPKI. Selanjutnya, BPUPKI membentuk panitia kecil untuk merumuskan dan menyusun Undang-Undang Dasar dengan berpedoman pada pidato Bung Karno tersebut.

Kemudian, dibentuklah Panitia Sembilan terdiri dari Soekarno, Mohammad Hatta, Mr. AA Maramis, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Achmad Soebardjo, Wahid Hasjim, dan Mohammad Yamin yang ditugaskan untuk merumuskan kembali Pancasila sebagai Dasar Negara berdasar pidato yang diucapkan Soekarno pada 1 Juni 1945 dan menjadikan dokumen tersebut sebagai teks untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Setelah melalui proses persidangan, akhirnya rumusan Pancasila hasil penggalian Soekarno tersebut berhasil dirumuskan untuk dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945. Kemudian disahkan dan dinyatakan sah sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945 oleh BPUPKI.

Sekadar informasi, Hari Lahir Pancasila berbeda dengan Hari Kesaktian Pancasila. Untuk Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober. Hari bersejarah ini berkaitannya dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965. Sedangkan, Hari Lahir Pancasila diperingati 1 Juni. Mancoders jangan sampai keliru ya.

Baca Juga: Kisah di Balik Hari Ayah Nasional

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda

Baca Juga: Menilik Sejarah Peringatan Hari Bumi Sedunia


Share To


galih

galih

June 1, 2020, 7 a.m.


tags : History Hari Lahir Pancasila Ideologi Bangsa Dasar Negara Pancasila


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like