Dandhy-Dwi-Laksono.jpg

Mengintip Video Dokumenter Garapan Dandhy Dwi Laksono

oleh: rachli Entertainment Friday, 27 September 2019 15:00 p.m.


Bicara soal keindahan alam Indonesia, tentu memang tidak akan ada habisnya. Mulai dari Sabang sampai Merauke, masing-masing menawarkan keanekaragaman yang menarik. Hal itu seperti yang dirasakan seorang jurnalis sekaligus pendiri rumah produksi Wacthdog, Dandhy Dwi Laksono.

Dandhy mencoba mengabadikan keindahan alam Indonesia dengan membuat video dokumenter di berbagai wilayah Indonesia. Tidak hanya itu, Dandhy juga mendokumentasikan perjuangan masyarakat di daerah melawan ketidakadilan pemerintah yang merusak alam di mana mereka tinggali.

Berikut ini, Mancode mencoba merangkum beberapa video dokumenter yang dibuat oleh rumah produksi Watchdog garapan Dandhy Dwi Laksono.

Kasepuhan Ciptagelar

Ciptagelar merupakan salah satu desa yang masih mempertahankan tradisi mereka di bawah kaki Gunung Halimun. Penduduknya masih melestarikan budaya dan masih memiliki lumbung padi untuk menampung hasil panen. Lumbung padi merupakan spot favorit para turis selain susunan rumah panggung yang tertata rapi.

Hamparan sawah dan aliran sungai jernih yang mengelilingi desa juga membuat tampak asri dan nyaman. Dalam video tersebut, Dandhy mendokumentasikan beberapa fragmen kehidupan masyarakat Ciptagelar dalam mempertahankan kebudayaan mereka.

Lewa di Lembata

Video dokumenter ini menceritakan tentang perburuan ikan paus pada musim Lewa setiap bulan Mei yang dilakukan oleh penduduk Desa Lamalera, Pulau Lembata yang merupakan salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: Dari Jurnalis Hingga Vokalis, Ini Sosok Ananda Badudu

Baca Juga: Mengintip Spesies Unik Festival Pesona Selat Lembeh 2019

Baca Juga: Melirik 5 Destinasi Wisata di Wamena dan Sekitarnya

Masyarakat yang tinggal di sekitar Pulau Lembata memiliki beberapa keunikan yang masih dapat ditemui, salah satunya yaitu kegiatan jual-beli dengan sistem barter. Namun, sistem barter ini memiliki aturan tersendiri. Ada mandor atau kepala pasar setempat yang mengomando untuk memulai kegiatan jual-beli.

Kala Benoa

Video dokumenter ini mengkritik proses reklamasi di Teluk Benoa, Bali. Panorama keindahan laut yang biru dan tenang dalam video ini menyampaikan pesan bagi para pendukung reklamasi teluk untuk tidak merusak keindahan alam tersebut.

Video dokumenter ini mengambil berbagai sudut pandang mulai dari masyarakat Suku Bajo dan reklamasi mereka, pendapat pengusaha wisata hingga pendapat masyarakat Tenganan dan Lombok Timur.

Sexy Killers

Sexy Killer sebenarnya hanya sebuah video dokumenter yang merekam aktivitas pertambangan dan masyarakat di sekitarnya yang mau tidak mau terkena imbas berupa kerusakan alam, rumah, lahan, hingga air minum. Namun yang menarik dari video dokumenter ini adalah dalang di balik aktivitas tersebut yang menenyeret beberapa nama para elit politik yang saat itu berkontes dalam pemilihan Presiden (pilpres) 2019.


Share To


rachli

rachli

Sept. 27, 2019, 3 p.m.


tags : Demo Video Dokumenter Dandhy Dwi Laksono Rumah Produksi Wacthdog Sexy Killers Keindahan Alam Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi