Festival-Pesona-Selat-Lembeh-2019.jpg

Mengintip Spesies Unik Festival Pesona Selat Lembeh 2019

oleh: rachli Travel Wednesday, 25 September 2019 12:00 p.m.


Kota Bitung yang terletak di Sulawesi Utara (Sulut) kembali menggelar Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL). Festival yang akan diadakan pada 6-10 Oktober 2019 mendatang ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata Kota Bitung dan Selat Lembeh.

FPSL ini sendiri merupakan satu dari tiga festival besar di Sulut yang masuk dalam daftar Calender of Event Wonderful Indonesia. Selain FPSL, ada dua event besar yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, yakni Festival Pesona Bunaken dan Tomohon International Flower Festival.

Selat Lembeh sendiri merupakan rumah bagi spesies-spesies unik bawah laut yang cukup jarang ditemukan di tempat lain. Saking uniknya, para penyelam menyebut lokasi penyelaman dengan nama The World’s Muck Diving atau surganya untuk menyelam di dasar laut.

Baca Juga: Kenali Sejarah Festival Pacu Jalur

Baca Juga: Mengintip Istana Kerajaan Laut Banda Neira

Sebutan tersebut bukan tanpa alasan. Karakter alami vulkanik yang menyelimuti bawah laut Selat Lembeh menawarkan biota-biota menakjubkan. Hal ini mencakup semua jenis ikan-ikan kecil, kuda laut, cumi, siput laut, krustasea, dan jenis lainnya. Ada sekitar 95 titik selam di Selat Lembeh.

Selat Lembeh memiliki panjang 12 kilometer yang memisahkan Pulau Sulawesi dengan Pulau Lembeh. Sekitar satu hingga dua kilometer di antaranya merupakan lanskap indah yang memadukan pegunungan, laut, dan pulau.

Kapal-Hias-Festival-Pesona-Selat-Lembeh-2019.jpg

Festival Pesona Selat Lembeh nantinya akan menyajikan beragam kegiatan, di antaranya kapal berlayar melalui Selat Lembeh, lomba kapal hias, festival kuliner, pentas seni dan budaya, penanaman koral, lomba lari 10 kilometer, atraksi jet ski, dan lain sebagainya.

Bicara soal kuliner, makanan yang harus disantap ketika berada di Kota Bitung adalah Sashimi Tuna khas Bitung. Makanan ini enak dinikmati dengan dicelupkan ke dalam bumbu kecap yang diberi daun serei atau cabai jika gemar dengan pedas. Uniknya, sajian ini dihidangkan bersama Pisang Goroho rebus atau singkong goreng.

Baca Juga: Pulo Cinta, Destinasi Wisata Laut Maldives Ala Gorontalo

Selain mengunjungi festival, pengunjung bisa bertandang ke Ekowisata Pasir Panjang Pantai Kahona dan hutan mangrove Pintu Kota. Tidak hanya itu, Selat Lembeh juga memiliki spot menarik untuk melihat keindahan matahari terbenam.

Untuk menyambangi festival ini, Selat Lembeh yang berada di Kota Bitung bisa dicapai dari Manado dengan jarak waktu 1 jam 30 menit melalui perjalanan darat. Manado sendiri memiliki Bandara Internasional Sam Ratulangi yang menerima kedatangan berbagai rute penerbangan.


Share To


rachli

rachli

Sept. 25, 2019, noon


tags : Calender of Event Wonderful Indonesia Festival Pesona Selat Lembeh 2019 Sulawesi Utara Selat Lembeh Kota Bitung


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi