Emil-Sallim.jpg

Mengintip Profil Tokoh Tiga Zaman Emil Salim

oleh: rachli Entertainment Thursday, 10 October 2019 11:00 a.m.


Nama Prof. Dr. Emil Salim cukup ramai diperbincangkan di linimasa media sosial Twitter paska debat soal Perppu KPK dengan Anggota DPR RI, Arteria Dahlan di salah satu program televisi swasta. Banyak pengguna akun Twiter menganggap Arteria Dahlan tidak sopan terhadap Emil Salim.

Lalu, seperti apa sosok Emil Salim yang menjadi perbincangan itu, meskipun tidak seramai Arteri Dahlan yang menempati posisi nomor satu di Twitter. Semasa hidupnya, Emil Salim pernah mengisi beberapa jabatan penting di Indonesia hingga menjadikannya sebagai tokoh bangsa. Berikut ini, Mancode mencoba mengulas profil Emil Salim yang dinukil dari Wikipedia.

Pria kelahiran Lahat, Sumatera Selatan, 8 Juni 1930 ini merupakan seorang ahli ekonomi, cendikiawan, pengajar, dan politisi Indonesia. Emil Salim merupakan tokoh lingkungan hidup yang pernah menerima The Leader for the Living Planet Award dari World Wide Fund (WWF). Emil Salim juga penerima anugerah Blue Planet Prize dari The Asahi Glass Foundation.

Baca Juga: Sederet Profil Inspiratif Hadir di IdeaFest 2019

Baca Juga: Sosok Gus Nadir yang Digadang Jadi Menteri Agama RI

Baca Juga: Sosok Hebat HS Dillon, Pejuang Petani dan Pegiat Anti Korupsi

Sebelumnya, pada 1994, setelah menyelesaikan jabatan sebagai Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Kependudukan, Emil Salim bersama koleganya mendirikan Yayasan Keanekaragaman Hayati (Yayasan KEHATI), sebuah organisasi non-pemerintah yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan.

Selain terjun di bidang lingkungan hidup, Emil Salim juga disebut-sebut sebagi orang paling lama mengabdi di pemerintahan dengan menjadi menteri beberapa jabatan lainnya. Emil Salim sempat menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 10 April 2007 dan pada 25 Januari 2010 dilantik kembali untuk periode kedua sekaligus menjadi ketuanya.

Jabatan menteri yang pernah Emil emban, antara lain sebagai Menteri Negera Penyempurnaan dan Pembersihan Aparatur Negara merangkap Wakil Bappenas (1971-1973), Menteri Perhubungan (Kabinet Pembangunan II 1973-1978), Menteri Negara Urusan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Kabinet Pembangunan III 1978-1983), dan Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Kabinet Pembangunan IV dan Kabinet Pembangunan V 1983-1993).

Melihat rekam jejaknya, putra pasangan Baay Salim dan Siti Syahzinan dan merupakan keponakan dari seorang Pahlawan Nasional Indonesia, Haji Agus Salim menjadikan Emil Salim menjadi tokoh paling senior yang menjabat di pemerintahan dan merupakan tokoh tiga zaman yang masih aktif berkarier hingga saat ini.


Share To


rachli

rachli

Oct. 10, 2019, 11:52 a.m.


tags : Arteria Dahlan Tokoh Tiga Zaman Perppu KPK Emil Salim


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi