New-Yogyakarta-International-Airpot.jpg

Mengintip Megahnya Yogyakarta International Airport

oleh: inggil Travel Thursday, 19 September 2019 12:00 p.m.


Pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia telah maju pesat. Setelah Jakarta meresmikan MRT sebagai alternatif transportasi darat, kini giliran Bandara terbaru di Yogyakarta yang akan diresmikan. New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta akan diresmikan seiring dengan rampungnya pembangunan Bandara tersebut.

New-Yogyakarta-International-Airpot-Baru.jpg

Bandara terbaru di Yogyakarta ini mempunyai ukuran lima kali lebih besar dari Bandara Adisutjipto. Selain itu, PT Angkasa Pura I (AP I), selaku operator bandara juga menghadirkan ornamen Jawa pada desain bangunannya. Balutan budaya yang menghiasi NYIA tersebut terlihat pada atap dan ornamen bandara yang menggunakan motif batik sawang.

Baca Juga: 5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Cilacap

“Motif kawung ini merupakan kearifan lokal. Kami sudah berdiskusi dengan berbagai pihak (dan) motif kawung ini merupakan hasil usulan banyak pihak,” kata Taochid Purnama Hadi, Pimpinan Proyek NYIA Angkasa Pura I, seperti dikutip dari Antara.

Suasana-New-Yogyakarta-International-Airpot.jpg

Tidak hanya di bagian atap saja, motif kawung ini nantinya juga terlihat dari bawah bangunan atau terminal bandara. Selain menerapkan konsep yang kental dengan budaya, AP I juga mewujudkan konsep gold category building yang ramah lingkungan terutama dari sisi arsitektur.

New-Yogyakarta-International-Airpot-Kulon-Progo.jpg

Bandara NYIA juga menerapkan konsep ramah lingkungan, di mana bagian atap terminal penumpang juga menggunakan skylight untuk memaksimalkan pencahayaan alami di dalam ruangan. Sehingga cahaya matahari dapat masuk ke ruangan sepanjang hari yang nantinya akan menghemat listrik.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Kebumen yang Wajib Dikunjungi

Bagian tempat ibadah sendiri, yakni masjid Al-Akbar juga mempunyai sentuhan budaya dan ecogreen. Masjid ini mempunyai bentuk setengah lingkaran atau dome dengan makna seperti memakai ornamen kawung. Masjid ini juga tahan gempa sebagai upaya mitigasi bencana.

New-Yogyakarta-International-Airpot-Baru-Masjid.jpg

Lebih lanjut, peresmian bandara baru ini masih menunggu kepastian jadwal Presiden Joko Widodo. Faik Fahmi selaku Direktur Utama Angkasa Pura I, menegaskan bahwa keputusan penundaan peresmian bandara ini tidak terkait dengan kesiapan operasional, melainkan semata menunggu kepastian protokoler Istana.

New-Yogyakarta-International-Airpot-Kulon-Progo-Halaman-Luar.jpg

"Kalau bandaranya sudah siap untuk penerbangan. Namun, peresmian kan harus menunggu Pak Presiden, jadi untuk tanggal 29 April batal. Kami infokan selanjutnya," ujarnya, seperti dilansir Tempo, Minggu (28/4).

Baca Juga: 5 Hotel Murah di Bangkok dengan Lokasi Strategis


Share To


inggil

inggil

Sept. 19, 2019, noon


tags : Bandara NYIA YIA Kulon Progo Yogyakarta


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 28 September 2020 9:00 a.m.

Brio Virtual Drift Challenge Seri Perdana Dimulai

Entertainment 28 September 2020 8:00 a.m.

Lanjutan EP Manner House dalam 'Forgotten Sea'

Entertainment 28 September 2020 7:00 a.m.

Tulus Cinta Fienda Fernai di Single 'Rahasia Cinta'

Entertainment 28 September 2020 6:00 a.m.

Sivia Azizah Rilis Video Musik 'Love Spells'