Pak-Raden.jpg

Mengenang Sosok Pak Raden Pencipta Tokoh Si Unyil

oleh: rachli Mancave Wednesday, 30 October 2019 13:00 p.m.


Dalam film seri boneka Indonesia produksi Perum Produksi Film Negara (PPFN) yang menceritakan tentang seorang anak sekolah bernama Unyil, ada sosok seorang pria berkumis tebal yang selalu mengenakan pakaian adat khas Jawa, sosok itu bernama Pak Raden.

Pak Raden hadir sebagai tokoh antagonis dalam film serial boneka tersebut karena sering memarahi Unyil ketika melakukan kesalahan. Pak Raden yang bernama asli Suyadi ini merupakan illustrator pencipta tokoh Unyil.

Mengenang kepergian sosok Suyadi pada 30 Oktober 2015 silam, Mancode mencoba mengulas kembali profil dari seorang Suyadi yang dikenal setia berkarya untuk anak-anak Indonesia hingga akhir hayatnya.

Lahir pada 28 November 1932 di Puger, Jember, Jawa Tengah, pemilik nama asli Drs. Suyadi atau Raden Soejadi merupakan anak ketujuh dari sembilan bersaudara. Suyadi kecil memang gemar menggambar dengan menggunakan arang atau kapur di halaman rumahnya.

Baca Juga: Selain Chrisye, Ini Sosok yang Tutup Usia Akibat Kanker Paru

Baca Juga: Dikenal Vokal, Ini Sosok Cantik Wanda Hamidah

Baca Juga: Menilik Sosok Artis Peran Irish Bella

Jika sudah menggambar, Suyadi merasa telah menemukan dunianya. Pada tahun 1952, kegemaran menggambarnya tersebut membuahkan hasil dengan diterimanya ia di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan seni rupa.

Saat menjalani pendidikan, bakat menggambarnya semakin terasah dan semakin mencintai seni. Selama kuliah, Suyadi juga menghasilkan beberapa karya berupa cerita bergambar dan membuat film pendek animasi bagi anak-anak.

Lulus dari ITB pada 1960, Suyadi kemudian melanjutkan pendidikannya untuk mendalami pengetahuannya tentang animasi di Perancis. Di sana, Suyadi belajar selama empat tahun. Setelah selesai, Suyadi kembali ke Indonesia. Dari tahun 1965 hingga 1975, Suyadi menjadi staf pengajar di ITB untuk jurusan seni rupa dalam seni ilustrasi. Suyadi juga mengajar di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), khusus mengajar animasi

Pada 1980, Suyadi menciptakan tokoh Unyil. Penamaan Unyil sendiri diambil dari kata Mungil yang berarti kecil. Setelah itu, Suyadi menciptakan tokoh antagonis bernama Pak Raden serta menjadi pengisi suara Pak Raden.

Selain kedua tokoh tersebut, Suyadi juga menciptakan tokoh lainnya yaitu Pak Ogah dan Bu Bariah. Dalam serial drama boneka tersebut, selain menjadi pencipta dan pengisi suara, Suyadi juga menjadi Art Director.

Kecintaannya berkarya untuk anak-anak membuahkan hasil. Serial Unyil sangat disukai oleh anak-anak pada awal kemunculannya yakni tahun 1981 yang tayang di TVRI setiap hari Minggu. Serial Unyil bertahan hingga 1993.

Dari tahun 1970-an, Suyadi mendapatkan sejumlah penghargaan di bidang pustaka atas karyanya. Suyadi dianugrahi Ganesha Widya Jasa Utama atas jasa serta prestasinya sebagai Pelopor Bidang Industri Kreatif Klaster Animasi dan Tokoh Animator Nasional.


Share To


rachli

rachli

Oct. 30, 2019, 1 p.m.


tags : PPFN Anak Indonesia Pencipta Tokoh Si Unyil Film Seri Boneka Indonesia Pak Raden Suyadi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 19 November 2019 17:00 p.m.

Cara Menenangkan Wanita yang Emosi

Entertainment 19 November 2019 17:00 p.m.

Hal Terserah Jadi Single Terbaru Primela Anjar

Entertainment 19 November 2019 16:00 p.m.

LANGIT Rilis Single Debut 'Tentukan Arah'

Entertainment 19 November 2019 15:00 p.m.

‘Mengalah’ Menjadi Single Perdana Tival