Bob-Hasan-Meninggal.jpg

Bob Hasan: Bapak Atletik dan Raja Kayu Indonesia

oleh: inggil History Wednesday, 1 April 2020 7:00 a.m.


Mancode - Pengusaha sekaligus Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bob Hasan telah meninggal dunia di usianya yang ke-89 tahun. Beliau tutup usia di RSPAD, Selasa, 31 Maret 2020, sekitar pukul 11.00 WIB. Dikabarkan, Bob Hasan meninggal dikarenakan terkena sakit kanker paru-paru yang sudah lama diidapnya.

Sosok Bob Hasan sendiri merupakan seorang pengusaha ternama Indonesia dengan julukan ‘Raja Kayu’. Kiprahnya di dunia bisnis sendiri sudah tidak diragukan lagi, dirinya telah banyak menjabat sebagai pimpinan di berbagai perusahaan.

Bob-Hasan-Pengusaha.jpg

Di antaranya ialah PT Kalimanis Plywood, PT Wasesa Lines, PT Pasopati Holding Company, PT Karana Shipping Lines, PT Hutan Nusantara, PT Lifetime Assembly of Watch and Electrical Equipment, hingga PT McDermoot Indonesia.

Baca Juga: Sosok BJ Habibie Salah Satu Orang Terpintar Indonesia

Pria kelahiran Jakarta 24 Februari 1931 ini sendiri memang berasal dari keluarga pedagang. Tak heran, jika Bob Hasan lihai dalam berbisnis. Ia merupakan anak dari pedagang tembakau di daerah Kedu, Jawa Tengah. Beliau pun sempat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Bob Hasan juga merupakan sahabat dekat dari Presiden kedua Indonesia, Soeharto. Persahabatan keduanya sudah terjalin sejak tahun 1950-an yang mana kala itu Bob juga anak angkat mantan Wakil KSAD, Jenderal Gatot Subroto.

Bob-Hasan-Menteri.jpg

Pada masa pemerintahan Soeharto sendiri, Bob Hasan diangkat menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan dalam kabinet Pembangunan VII. Beliau menjabat kedudukan tersebut dari masa kerja dari 14 Maret 1998 hingga 21 Mei 1998.

Mempunyai karakter yang tegas serta wibawa tinggi, Bob tak pernah sungkan menegur jika ada hal yang janggal. Bahkan dilansir dari Detik, dirinya pernah menegur Probosutedjo yang merupakan adik tiri Soeharto karena dianggap mengutarakan hal yang ngawur saat berbicara kepada pers.

Baca Juga: Sosok Gus Nadir yang Digadang Jadi Menteri Agama RI

Tidak hanya fokus dipergerakan dunia bisnis saja, Bob pun juga pernah menjadi Ketua Umum PB PASI menggantikan Sayidiman Suryohadiprojo pada 26 Oktober 1979. Saat terpilih menjadi ketua, dirinya mempunyai beberapa program kala itu, salah satunya ialah menggerakan acara lari massal baik berupa lomba lari jarak jauh maupun estafet.

Bob-Hasan-Bapak-Atletik.jpg

Karena kecintaannya terhadap dunia atletik, Bob banyak menciptakan para atlet berprestasi di Indonesia. Sebut saja Emilia Nova, lalu Muhammad Zohri yang selalu ia bina dan pantau. Bahkan, beliau juga memperjuangkan Stadion Madya yang berada di kawasan Gelora Bung Karno sebagai homebase para atlet Tanah Air.

Baca Juga: Sosok Ir. Ciputra dalam Kenangan

Kini, Bob Hasan telah berpulang setelah berjuang tidak hanya menghidupkan atletik tapi juga penyakit kanker yang selama ini menggerogotinya. Namun, dia meninggalkan warisan atlet-atlet berpotensi dan menitipkan pesan terakhirnya.

Kami dari Tim Mancode mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Bob Hasan. Semoga amal ibadah beliau diterima dan mendapat tempat sebaik-baiknya di sisi Nya.


Share To


inggil

inggil

April 1, 2020, 7 a.m.


tags : Bob Hasan Meninggal Ketua Umum PB PASI Bob Hasan Bob Hasan Pengusaha Kayu Sosok Bob Hasan Biografi Bob Hasan Bob Hasan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 1 December 2020 10:00 a.m.

Detail Spesifikasi dan Harga Wuling Almaz Limited Edition

Entertainment 1 December 2020 7:00 a.m.

“Takut Nanti Rindu”, Kisah Perjalanan Rinni Wulandari

Life Style 30 November 2020 11:00 a.m.

Ritel Topshop Diambang Penutupan