Selamat-Hari-Dokter-Nasional.jpg

Mengenang Sejarah Hari Dokter Nasional

oleh: inggil History Thursday, 24 October 2019 12:00 p.m.


Sudah sejak 1950, Indonesia menetapkan tanggal 24 Oktober sebagai Hari Dokter Nasional. Ada sejarah panjang di balik perjuangan para dokter itu. Bukan hanya soal dunia kedokteran, melainkan berhubungan erat dengan masa penjajahan. Terciptanya Hari Dokter Nasional ini dijadikan sebagai satu momentum penting dalam Indonesia, khususnya sejarah berdirinya Ikatan Dokter Indonesia sendiri.

Latar berdirinya Hari Dokter Nasional tak lepas dari masa kelam penjajahan. Kala itu, pejuang Tanah Air masih berjuang meraih kemerdekaan dari tangan Belanda, para dokter Indonesia ini sudah memiliki organisasi. Sekumpulan dokter ini bernama Vereniging van Indische Artsen yang lahir pada 1911 dengan anggota para dokter nusantara.

15 tahun setelah dibentuknya organisasi dokter Indonesia tersebut, memutuskan untuk berganti nama. Namanya berubah menjadi Vereniging van Indonesische Geneskundigen atau disebut sebagai VIG. Perubahan tersebut bukanlah tanpa makna, melainkan ada rasa nasionalisme yang tinggi dari para dokter. Terlihat dari kata ‘Indische’ menjadi ‘Indonesische’.

Sejarah-Hari-Dokter-Nasional.jpg

Sejak saat itu, para dokter nusantara acapkali melakukan perjuangan demi menyuarakan hak persamaan. Pasalnya, pada masa itu dokter nusantara dan dokter Belanda kerap mendapat perlakuan yang berbeda.

Salah satu keberhasilan VIG dalam memperjuangkan hak dokter adalah meningkatkan gaji dokter nusantara. Jika sebelumnya gaji mereka hanya sebesar 50% dari gaji dokter Belanda, maka setelah itu gajinya meningkat dua puluh persen, hingga menjadi 70%.

Pada 1940, VIG pun mengadakan kongres di Solo dan menjadikan Prof. Bahder Djohan sebagai Pembina. Sayangnya tiga tahun berselang, VIG harus dibubarkan dan berubah nama menjadi Jawa IZI Hooko-Kai ketika pendudukan Jepang.

Meskipun VIG terpaksa berhenti, tetapi perjuangan para dokter bukannya berhenti justru semakin menguat. Segala cara dilakukan untuk menyatukan para dokter yang tersebar di seluruh daerah. Salah satu cara tersebut adalah mengadakan muktamar.

Hari-Dokter-Nasional.jpg

Lanjutnya, pada 30 Juli 1950, Dr. Seni Sastromidjojo, Persatuan Tabib Indonesia (PB Perthabin), dan Perkumpulan Dokter Indonesia (DP-PDI) mengadakan satu pertemuan yang menghasilkan “Muktamar Dokter Warganegara Indonesia (PMDWN)” dengan ketua Dr. Bahder Djohan.

Puncaknya, pada tanggal 22-25 September 1950 bertempat di Deca Park diadakanlah Muktamar I Ikatan Dokter Indonesia (MIDI). Hasil dari muktamar tersebut adalah terpilihnya Dr. Sarwono Prawirohardjo sebagai Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia yang pertama.

Pada 24 Oktober 1950, Dr. Soeharto menghadap notaris untuk memperoleh dasar hukum berdirinya perkumpulan dokter dengan nama Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Baca Juga: Mengenal Jenis Kesehatan Mental


Share To


inggil

inggil

Oct. 24, 2019, noon


tags : Hari Dokter Nasional 24 Oktober Selamat Hari Dokter Nasional Sejarah Hari Dokter Nasional Dokter Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 13 November 2019 16:00 p.m.

Disney Plus Resmi Dirilis, Ini Kelebihannya!

Technology 13 November 2019 15:00 p.m.

Irdeto dan Amlogic Luncurkan Netflix Hailstorm Hybrid

Life Style 13 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Wanita Mendengkur Lebih Keras dari Lelaki

Entertainment 13 November 2019 13:00 p.m.

Tampilan Baru Sonic Hedgehog dapat Respon Positif