Dr-Naek-l-Tobing.jpg

Mengenang Naek L.Tobing Dokter Jiwa dan Pakar Seksologi

oleh: inggil History Tuesday, 7 April 2020 11:00 a.m.


Mancode - Dunia medis Tanah Air kembali dilanda kabar duka. Kali ini, salah satu dokter ahli, Naek L.Tobing meninggal dunia pada Senin, 6 April 2020. Penyebab wafatnya dokter berusia 79 tahun itu dikarenakan sakit kanker lambung stadium empat. Beliau juga diketahui sebagai salah satu dokter yang terjangkit virus Covid-19.

Berpulangnya dokter ahli jiwa dan pakar seksologi tersebut dibenarkan olah Humas Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Dr Halik Malik.

“Iya barusan dikonfirmasi oleh ketua IDI cabang Jaksel, benar dari Naek L Tobing ahli kesehatan jiwa meninggal tadi pagi di RSPP Jakarta, sudah tes swab Covid-19 dan hasilnya positif,” ujar Halik, seperti yang dilansir dari Suara, Senin 4 April 2020.

Pada masa hidupnya, Dr Naek L.Tobing terkenal sebagai Spesialis Kesehatan Jiwa (SPKJ), beliau juga menyandang gelar certified sex educator dari University of Minnesota, Amerika Serikat pada 1983. Ketika mayoritas masyarakat beranggapan jika seksualitas adalah hal yang tabu, namun tidak bagi beliau. Selama hidupnya, pria kelahiran Samosir, Tapanuli, 14 Agustus 1940 ini telah banyak menulis buku maupun koran harian berskala nasional tentang seks.

Sudah banyak buku-buku yang diterbitkan oleh Dr. Naek L.Tobing di antaranya ialah Masalah dan Solusi, Seks Pranikah, Seks Extramarital dan Membangun Keharmonisan Suami-Istri.

Meski di usianya yang bisa dibilang tidak muda lagi, Dr Naek L.Tobing tetap menjalankan praktik. Beberapa tahun terakhir, dirinya lebih fokus mengedukasi dan menangani masalah mikropenis pada anak. Baginya, masalah itu sudah sangat mengancam. Hal itu pun ia tuangkan dalam bukunya yang berjudul ‘Bahaya, Terlambat atasi Mikropenis akan Menderita Seumur Hidup’.

Keprihatinan Dr. Naek L.Tobing terhadap kasus mikropenis pada anak-anak ingin menghimbau para orang tua untuk tidak menyepelekan hal ini. Sebab, jika tidak ada tindakan lebih lanjut mengenai mikropenis maka bakal mempengaruhi hidup anak terutama setelah menikah.

Fokus Dr. Naek dalam mengatasi masalah mikropenis juga tampak dari laman media sosialnya. Meski terhitung jarang mengunggah konten, namun unggahan Naek di Instagramnya sangat informatif. Ia kerap mengunggah contoh kasus yang ditemui saat berpraktik terkait mikropenis dan kesehatan seks pasutri.

Baca Juga: Mengenang Sejarah Hari Dokter Nasional

Baca Juga: Sosok BJ Habibie Salah Satu Orang Terpintar Indonesia

Baca Juga: Sosok Hebat HS Dillon, Pejuang Petani dan Pegiat Anti Korupsi


Share To


inggil

inggil

April 7, 2020, 11 a.m.


tags : Naek L.Tobing Meninggal Pakar Seksologi Indonesia Naek L.Tobing Dokter Naek L.Tobing


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 29 September 2020 8:00 a.m.

Aura Kasih Luncurkan Single “Renjana”

Entertainment 29 September 2020 7:00 a.m.

16 Tahun Berkarya, Kotak Rilis Album “Identitas”

Entertainment 28 September 2020 14:00 p.m.

Mike Tyson Akan Berbagi Kisah Hidupnya di Mola Living Live