Templet_Mancode_ (3).jpg

Mengenang Masa Kelam Gejayan

oleh: fachrul History Monday, 23 September 2019 12:00 p.m.


Hari ini, Tagar Gejayan Memanggil atau #GejayanMemanggil wara wiri di timeline sosial media. Kira-kira ada apa di Jalan Gejayan, Yogyakarta, pada hari ini?

Rencananya, akan digelar aksi mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya di seputaran Yogyakarta pada hari ini (23/9) yang dimulai pada pukul 13.00. Namun, aksi turun ke jalan hari ini bukan satu-satunya aksi yang pernah terjadi di Gejayan. Pada 1998 silam, telah terjadi aksi demonstrasi massa di Gejayan yang dikenal dengan Peristiwa Gejayan.

Peristiwa Gejayan dikenal juga dengan sebutan Tragedi Yogyakarta, adalah peristiwa bentrokan berdarah pada Jumat 8 Mei 1998 di daerah Gejayan, Yogyakarta, dalam demonstrasi menuntut reformasi dan turunnya Presiden Soeharto. Bentrokan ini berlangsung hingga malam hari. Kekerasan aparat menyebabkan ratusan korban luka, dan satu orang, Moses Gatutkaca, meninggal dunia.

Untuk mengenang Peristiwa Gejayan, Jalan Kolombo di sebelah Univeritas Sanata Dharma diubah menjadi Jalan Moses Gatutkaca. Warga Pringgodani, Mrican, Sleman pun mengenang, ketika itu kawasan Gejayan merupakan tempat bersejarah sekaligus saksi bisu, di jalan itu, mahasiswa kampus se-Yogyakarta menyalurkan segala aspirasi.

Di manakah letak Gejayan sebenarnya?

Bagi mereka yang belajar atau pernah tinggal di Yogyakarta pasti tahu nama Gejayan. Gejayan adalah padukuhan yang berada di Kelurahan Condongcatur, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta. Gejayan kemudian identik dengan Jalan Gejayan yang jadi satu di antara pusat penjualan gadget. Gejayan kini bernama Jalan Affandi.

Condongcatur adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Sebelum tahun 1946, wilayah Desa Condongcatur yang sekarang ini, pada mulanya merupakan wilayah dari 4 kelurahan yaitu Kelurahan Manukan, Kelurahan Gejayan, Kelurahan Gorongan dan Kelurahan Kentungan.

Baca Juga: Semarak Kopi Nusantara

Baca Juga: Mengintip Megahnya Yogyakarta International Airport


Share To


fachrul

fachrul

Sept. 23, 2019, 12:02 p.m.


tags : Gejayan Yogyakarta Kampus Universitas #GejayanMemanggil demonstrasi Peristiwa Gejayan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 11 December 2019 17:00 p.m.

Blibli.com Siapkan Ragam Penawaran Akhir Tahun

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?