Dorce Gamalama.jpg

Mengenang Dorce Gamalama, Sosok Artis Serba Bisa Tanah Air

oleh: galih Entertainment Wednesday, 16 February 2022 12:00 p.m.


Mancode – Kabar duka datang dari dunia hiburan Indonesia. Artis senior Dorce Gamalama meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 pada Rabu (16/2/2022) pukul 07.30 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Simprug, Jakarta.

Di ranah hiburan Tanah Air, Dorce Gamalama tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Artis serba bisa ini, sering menghiasi layar kaca di era 90 hingga 2000-an. Ia melakoni peran sebagai pelawak, penyanyi, hingga presenter.

Dorce terlahir sebagai seorang laki-laki dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi, dari pasangan Achmad dan Dalifah. Ia merupakan anak bungsu dari enam bersaudara. Sejak kecil, Dorce mulai tertarik dunia hiburan, seperti menyanyi dan melawak di atas panggung. Aksi panggung yang menarik perhatian ketika ia melawak berpura-pura menjadi wanita.


Dari aksi lawakannya tersebut, ia mendapatkan panggilan dari Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls. Nama panggilan tersebut adalah Dorce Ashadi.

Operasi Kelamin

Perlahan seakan dia merasa terperangkap dalam tubuh laki-laki. Dorce pun kemudian mengambil keputusan kontroversial dengan melakukan operasi ganti kelamin menjadi seorang wanita.

Operasi kelamin tersebut dilakukan di Surabaya pada 1983 oleh ahli bedah plastik dari RSUD dr. Soetomo, Prof. Dr. dr. Djohansjah Marzoeki Sp.BP. Keputusannya operasi ganti kelamin memang menuai kontroversi. Di sisi lain, keputusannya tersebut membuat nama Dorce makin meroket.

Dorce sempat beberapa kali berganti nama panggung. Ia pernah menggunakan nama Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkafeer, hingga akhirnya ia mantap menggunakan nama Dorce Gamalama.

Nama Gamalama dari suatu perjalanan saat menyanyi di Pulau Ternate bersama Benyamin Suaeb, di mana ia melihat Gunung Gamalama.

Hijrah ke Jakarta

Hingga akhirnya, dia memberanikan diri untuk berkarier ke Jakarta pada 1990. Tak butuh lama, Dorce kemudian langsung mendapat tawaran bermain di dua film sekaligus, yakni Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh.

Tak hanya itu, dia juga terjun di dunia tarik suara. Bersama Billboard, Dorce meluncurkan single "Cintaku Kendur di Jalan", tetapi singelnya tersebut kurang laku di pasaran. Selain mampu menyanyikan berbagai lagu dalam berbagai irama, ia juga fasih membawakan lagu dalam berbagai bahasa asing, seperti Inggris, Tionghoa, Belanda, Jerman, Prancis, Arab, India, dan sebagainya.

Dorce kemudian merambah profesi sebagai presenter acara. Salah satu acara talkshow yang dipandunya dan sempat tenar adalah Dorce Show di Trans TV pada 2005. Acara tersebut kemudian dihentikan penayangannya pada April 2009 dan diganti dengan D'Show. Sebelumnya, ia pernah pula menjadi pembawa acara Kencan di Indosiar bersama Eko Patrio sejak tahun 2002 hingga 2005.

Urusan percintaan, Dorce diketahui tertutup. Dia dikabarkan pernah menbina rumah tangga dengan sejumlah pria, namun gagal. Dorce telah mengadopsi tiga anak, bernama Rizky, Fatimah, dan Khadijah.

Sebelum meninggal Dorce dikabarkan ingin dimakamkan sebagai perempuan. Apa yang disampaikannya sempat menuai polemik apalagi mengingat dia menganut agama Islam yang tidak mengenal pergantian kelamin. Kini, Dorce Gamalama telah menutup perjalanan hidupnya di usia 58 tahun. Selamat Jalan Bunda Dorce!

Baca Juga: 4 Artis Indonesia Masuk Forbes 2020, Siapa Saja?

Baca Juga: Akira Morita dan Kisah Dibalik Kesuksesan Sony

Baca Juga: Kartika Siti Aminah, Pelatih Wanita Pertama dalam Sejarah IBL




Share To


galih

galih

Feb. 16, 2022, noon


tags : Entertainment Covid 19 Bunda Dorce Dorce Gamalama Meninggal Dunia Dorce Gamalama dunia hiburan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA