Habibie-Presiden-Ketiga-Indonesia.jpg

Mengenang 4 Pesawat Buatan BJ Habibie yang Membanggakan

oleh: inggil Technology Thursday, 12 September 2019 13:00 p.m.


Indonesia sedang berduka atas kepergian Bapak Teknologi Tanah Air, Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau yang juga pernah menjabat Presiden ke-3 RI ini, tutup usia pada Rabu, 11 September 2019 di usia 83 tahun.

BJ Habibie merupakan sosok hebat yang akan selalu dikenang jasanya oleh rakyat Indonesia. Tidak hanya dalam urusan demokrasi saja, beliau juga terkenal jenius dalam bidang penerbangan. Sudah banyak karyanya yang diakui oleh dunia, bahkan ada satu rumus yang diberi nama sosoknya, yakni “Rumus Faktor Habibie”

Kehebatannya dalam dunia teknologi penerbangan ia aplikasikan pada pembuatan model pesawat terbang. Berikut ini sejumlah pesawat hasil karya BJ Habibie.

  1. Pesawat N-250
Pesawat-BJ-Habibie-Gatot Kaca.jpg

Pesawat hasil karya dari tangan BJ Habibie untuk Indonesia yang pertama ialah, Pesawat N-250 atau Pesawat Gatot Kaca. Pesawat ini merupakan alat transportasi udara penumpang sipil rancangan asli IPTN yang kini berubah nama menjadi PT Dirgantara Indonesia.

Pesawat ini menggunakan kode N yang berartikan Nusantara. Dalam pembuatannya BJ Habibie mengerjakan semua proses pesawat ini di Idonesia, dari desain, produksi, hingga mesin.

Dibuatnya pesawat ini sebab BJ Habibie kala itu melihat saingannya Fokker F-50 sudah tidak diproduksi kembali. Karena perusahaan Fokker Aviation telah gulung tikar pada 1996.

Pesawat N-250 diluncurkan pada 1995 dan menjadi bintang pameran pada saat Indonesian Air Show 1996 di Cengkareng.

2. Pesawat R-80

Pesawat R-80 dirancang oleh PT Region Aviasi Industri (RAI). RAI sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang.

Pesawat-R-80-BJ-HABIBIE.jpg

Perusahaan ini didirikan oleh BJ Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie. Pesawat R-80 juga merupakan pengembangan dari pesawat N-250.

Pesawat ini dirancang dengan teknologi terbaru dan super canggih dengan tingkat keamanan yang tinggi bagi penumpang. Tak seperti pesawat pada umumnya, pesawa R-80 dilengkapi dengan teknologi fly by wire yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah.

3. Pesawat C-130 Hercules

Salah satu pesawat militer yang BJ Habibie turut serta dalam pembuatannya ialah pesawat angkut militer TRANSCALL C-130.

Pesawat-C-13-Hercules.jpg

Pesawat tempur ini mempunyai empat turbo prop sayap tinggi (high wing) yang berfungsi sebagai pesawat angkut militer utama untuk pasukan militer di banyak negara. Bahkan, pesawat ini juga mampu mendarat dan lepas landas dari runway yang pendek.

Awalnya, pesawat ini adalah sebuah pengangkut tentara dan pesawat kargo yang sekarang ini juga digunakan untuk berbagai macam peran, termasuk infantri airborne, pengamatan cuaca, pengisian bahan bakar di udara, pemadam kebakaran udara, dan ambulans udara.

4. Dornier Do 31

BJ Habibie juga turut dalam pembuatan pesawat Do 31 yang merupakan jet transportasi eksperimental VTOL Jerman Barat yang dibangun oleh Dornier.

Habibie-Presiden-Ketiga-Indonesia.jpg

Pesawat ini juga merupakan transportasi baling-baling tetap pertama yang mampu tinggal landas dan mendarat secara vertikal.

Baca Juga: Sosok BJ Habibie Salah Satu Orang Terpintar Indonesia


Share To


inggil

inggil

Sept. 12, 2019, 1 p.m.


tags : BJ Habibie Bachraauddin Jusuf Habibie Pesawat buatan BJ Habibie Pesawat N-250


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Memaknai Hidup Layaknya Tokoh Nobita