Corpse Paint.jpg

Mengenal Tradisi Corpse Paint dalam Musik

oleh: galih Entertainment Thursday, 4 March 2021 11:00 a.m.


Mancode – Setiap musisi punya ciri khas tersendiri dalam aksi panggungnya. Mulai dari gaya pakaian, rambut, hingga lainnya. Namun, ada pula yang menunjukkan eksistensinya dengan cat atau riasan wajah. Mayoritas musisi yang menggunakan make up atau cat wajah memang datang dari aliran musik rock.

Hingga saat ini, belum dapat dipastikan secara pasti siapa yang pertama kali memulai gaya dengan riasan wajah. Tren cat wajah sendiri berkembang pada 1960-an. Kala itu, Arthur Brown, menjadi salah satu musisi yang diklaim paling awal dikenal menggunakan cat wajah selama pertunjukan teaternya.

Cat wajah yang dipopulerkan Arthur Brown saat itu, ternyata membuat sebagian musisi black metal tertarik juga untuk menggunakannya saat beraksi di atas panggung. Kemudian, muncullah istilah cat atau riasan wajah tersebut dengan nama corpse paint yang memiliki gaya riasan hitam dan putih. Bahkan, lebih menyeramkan meniru pucaknya mimik mayat.


Memasuki era 1970-an, riasan wajah Arthur Brown diadopsi Alice Cooper ke dalam personanya di atas panggung. Tujuannya tentu untuk menambah kesan dramatis saat aksi panggungnya. Tak hanya Alice Cooper, band Kiss pun juga menggunakan riasan wajah sebagai identitas dan persona mereka di atas panggung.

Kiss lahir di New York, Amerika Serikat pada 1973. Para pendirinya adalah Gene Simmons (Vokal, Bass), Ace Frehley (Gitar), Paul Stanley (Gitar) dan Peter Criss (Drum). Mereka berempat menggebrak industri musik lewat riasan make up di wajah yang terkesan unik. Di samping itu, band ini juga dikenal berkat aksi panggung eksentriknya.

Jenis dan gaya make up wajah pada musisi pun semakin berkembang. Misalnya yang diaplikasikan pada Mercyful Fate, band heavy metal Denmark yang mengadopsi corpse paint yang lebih gelap dan mengusung tema satanis. King Diamond pentolan band tersebut telah mengaplikasikan berbagai jenis cat dan gaya bermacam-macam.

Kemudian, di era 1990-an, ada band metal paling ikonik dengan ciri khas corpse paint-nya, yakni Mayhem. Tak hanya ikonik dari segi penampilan menggunakan corpse paint, tapi band ini juga terkenal dengan kelakuannya seperti yang digambarkan dalam film Lord of Chaos. Kemudian, ada Behemoth, Fleshgod Apocalypse atau bahkan Ghost yang masih menggunakan riasan wajah Corpse Paint saat di atas panggung.

Kini, dominasi musisi menggunakan corpse paint pun tak melulu band-band metal. Memasuki era 2000-an, My Chemical Romance pun pernah memakai riasan wajah tersebut dalam aksi panggungnya.

Baca Juga: Anak Metal Dihukum 25 Tahun Karena Bakar Tiga Gereja Kulit Hitam AS

Baca Juga: Pantera Siap Rilis Minuman Bir pada 2021

Baca Juga: Camestay Siapkan Karya Terbaru Bersama Roy Eks “Boomerang”




Share To


galih

galih

March 4, 2021, 11:49 a.m.


tags : Musik Metal Corpse Paint Musik Rock Sejarah Corpse Paint Entertainment


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE