Tradisi-Tari-Seblang-Banyuwangi-Jawa-Timur.jpg

Mengenal Tari Seblang Ritual Mistis di Desa Banyuwangi

oleh: inggil Travel Wednesday, 28 August 2019 15:00 p.m.


Viralnya cerita horor dari thread yang ditulis oleh akun Twitter @SimpleM81378523 mengisahkan sekelompok mahasiswa yang sedang KKN di salah satu desa Banyuwangi, membuat bulu kuduk merinding bagi yang membacanya.

Di sisi lain, Banyuwangi memang kaya akan adat tradisi budaya yang terus dilestarikan ke generasi selanjutnya. Tak heran, jika banyak ritual mistis yang dilakukan di daerah Banyuwangi. Salah satu tradisi unik di Banyuwangi yakni Tari Seblang.

Baca Juga: Sejarah Lomba-Lomba di Hari Kemerdekaan Indonesia

Dikutip dari BanyuwangiBagus, Tari Seblang merupakan salah satu tari tradisional yang berasal di desa Olehsari dan Bakungan kecamatan Glagah. Tarian ini diadakan setahun sekali sebagai bagian dari upacara adat atau penduduk setempat menyebutnya Ritual Bersih Desa Suku Osing Banyuwangi. Kenapa dianggap mistis? Sebabnya ketika melakukan tarian, sang penari dalam keadaan tidak sadarkan diri. Hal itulah yang membuatnya bisa menari enam jam tanpa lelah.

Ritual-Pemanggilan-Roh-Tari-Seblang-Banyuwangi-Jawa-Timur.jpg

Pada dasarnya, Seblang merupakan tradisi yang sudah cukup tua sehingga sulit untuk dilacak asal usul mulanya. Namun, menurut catatan penari Seblang pertama diketahui bernama Semi yang juga pelopor Gandrung pertama. Karena itulah, ada kemiripan Tari Seblang dengan ritual Tari Sintren di Cirebon dan ritual Sanghyang di Bali.

Baca Juga: Kota Ini Cocok Dikunjungi oleh Solo Traveler

Tari Seblang sendiri digelar setiap awal bulan Syawal, yang biasanya dimulai sejak 3 Syawal. Ritual ini diyakini masyarakat bisa menghilangkan marabahaya dan membuang sial di desa setempat.

Tidak sembarang orang yang dipilih untuk menjadi penari Seblang ini. Dipilih oleh tetua adat, sang penari haruslah gadis muda yang belum pernah menikah dan masih perawan. Selain itu, biasanya juga mempunyai garis keturunan dari penari sebelumnya.

Setelah terpilih, sang penari akan diberi ritual berupa kekuatan magis yang membuatnya mampu menari setiap hari selama enam jam selama tujuh hari berturut-turut tanpa lelah!

Ritual-Pemanggilan-Roh-Tari-Seblang-Banyuwangi-Jawa-Timur.jpg

Menariknya, sang penari terpilih akan dikenakan semacam mahkota khusus atau disebut ongklok. Mahkota ini dibuat menggunakan daun pisang muda di bagian depan dan bunga-bunga di atasnya. Proses pembuatan ongklok sendiri juga diwarnai dengan nuansa magis dengan dibakarnya dupa.

Setelah mahkota dibuat melingkar di kepala penari, wajah mereka pun akan tertutup oleh rumbai-rumbai daun pisang. Hal ini membuat para penonton penasaran dengan wajah sang penari. Terutama para penonton pria.

Baca Juga: Menelusuri Wisata Pantai Berpasir Hitam yang Eksotis

Lanjutnya, sang tetua adat mulai mengasapi sang penari Seblang dengan asap dupa sambil mengucapkan mantera agar roh leluhur masuk ke dalam tubuh sang penari. Proses masuknya roh ini diawali dengan Gending Lukinto. Gending ini dipercaya oleh masyarkat sebagai pemanggil arwah atau kekuatan halus untuk datang ke ritual Seblang.

Ritual-Tari-Seblang-Banyuwangi-Jawa-Timur.jpg

Kemudian, dilanjutkan dengan 28 lantunan gending yang dibawakan oleh sinden dan penabuh musik yang masih mempunyai ikatan darah dari penari seblang sebelumnya.

Untuk memastikan roh sudah masuk dalam tubuh penari, tetua adat cukup menggoyangkan tubuh penari ke kanan dan ke kiri. Apabila nampan bambu yang dipegang penari jatuh dan badan penarinya terjungkal ke belakang, itu tandanya penari sudah kerasukan roh.

Baca Juga: Pulo Cinta, Destinasi Wisata Laut Maldives Ala Gorontalo

Proses awal tarian setelah kerasukan, sang penari akan menari berputar mengikuti panggung selama tiga hingga empat kali secara terus menerus. Sesekali para tetua desa akan ikut menari di belakangnya.

Tradisi-Tari-Seblang-Banyuwangi-Jawa-Timur.jpg

Setelah itu, akan diadakan pembagian kembang tujuh rupa kepada para penonton. Konon, kembang tujuh rupa itu dapat menyembuhkan segala macam penyakit dan membuang rasa sial dalam jiwanya.

Acara yang paling menarik ialah ketika sang penari mulai mengajak para penonton untuk menari bersama. Dalam keadaan kerasukan, penari seblang akan melempar selendang ke arah penonton.

Ritual-Pemanggilan-Roh-Tari-Seblang-Banyuwangi-Jawa-Timur.jpg

Mereka yang terkena lemparan harus naik ke panggung untuk menari bersama dengan penari seblang selama beberapa waktu. Setelah bersalaman, akan dilanjutkan ke lemparan berikutnya. Demikian seterusnya hingga sore hari sampai acara selesai.

Baca Juga: 4 Destinasi Wisata Ekstrem yang Memacu Adrenalin


Share To


inggil

inggil

Aug. 28, 2019, 3 p.m.


tags : Desa Penari Kisah Mistis Tradisi Indonesia Desa Banyuwangi Ritual Banyuwangi Tari Seblang Banyuwangi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru