Subak Bali.jpg

Mengenal Subak Bali yang Kini Jadi Google Doodle

oleh: galih Technology Monday, 29 June 2020 9:00 a.m.


Mancode - Ada pemandangan berbeda ketika kamu membuka Google Search hari ini, (29/6/2020). Mesin pencarian Google menampilkan konten Google Doodle yang berada di kolom pencarian dengan memperlihatkan sebuah pemandangan sawah bertingkat yang sedang diawasi oleh petani lengkap dengan caping di kepala.

Apabila kamu mengarahkan pointer mouse ke atas gambar tersebut, maka akan tampil informasi bertuliskan ‘Celebrating Subak’. Merangkum berbagai sumber, Subak merupakan salah satu tradisi masyarakat Bali berupa irigasi dan manajemen pengairan sawah secara tradisional.

Pada 29 Juni 2012, UNESCO telah mengakui bahwa Subak Bali masuk daftar warisan budaya dunia yang dimiliki Indonesia. Subak dianggap cerminan dari filosofi kuni Bali Tri Hita Karana yang diartikan sebagai ‘Tiga hal yang sebabkan kesejahteraan’.

Ketiga kesejahteraa tersebut di antaranya hubungan harmonis manusia dengan Tuhan, hubungan harmonis dengan sesama manusia, dan hubungan harmonis antara manusia dengan alam dan lingkungannya.

Ideologi ini diturunkan dari generasi ke generasi sejak sistem Subak pertama kali dibuat pada awal abad ke-9. Subak di Bali yang memiliki luas kurang lebih 20.000 hektare yang terdiri atas beberapa subak yang berada di 5 kabupaten, yaitu kabupaten Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, dan Tabanan.

Sementara, Google Doodle yang menampilkan Subak Bali hanya muncul di Indonesia. Mancoder bisa mengetahui berbagai artikel mengenai Subak Bali dengan mengklik ikon Doodle yang terpampang di halaman awal pencarian.

Baca Juga: Efek Covid-19, Microsoft Store Tutup Permanen di Seluruh Dunia

Baca Juga: Aplikasi Google Go Versi Ringan Google Search

Baca Juga: Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien


Share To


galih

galih

June 29, 2020, 9 a.m.


tags : Technology Subak Balik Celebrating Subak Subak Google Search Google Doodle


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like