Erick-Thohir.jpg

Mengenal Sosok Erick Thohir, Calon Menteri Era Jokowi

oleh: rachli Entertainment Monday, 21 October 2019 16:00 p.m.


Bicara soal figur pengusaha sukses Tanah Air, Erick Thohir bisa menjadi salah satu nama yang juga patut diperbincangkan. Bagiamana tidak, sederet bisnis dimiliki oleh pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1970 ini. Fokus pada bisnis media dan entertainment sudah menjadi perjalanan karier dari Erick Thohir.

Lewat perusahaan yang didirikannya, Mahaka Group, Erick memiliki berbagai unit bisnis seperti di bidang penyiaran yakni Gen FM dan Jak FM, stasiun TV Jak TV, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing) yakni Harian Republika, Golf Digest, digital yakni Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya.

Ayahnya yakni Teddy Thohir adalah salah satu pemilik Astra International. Sosok Erick cukup dikenal luas oleh publik sebagai salah satu konglomerat Indonesia. Bapak empat anak ini terjun ke dunia bisnis pertama kali saat meneruskan warisan ayahnya di bidang restoran, yakni Hanamasa dan Pronto pada 1993 hingga 1998.

Baca Juga: Digadang Jadi Jaksa Agung, Ini Profil Mahfud MD

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Bos Go-jek Calon Menteri Jokowi

Baca Juga: Dikenal Vokal, Ini Sosok Cantik Wanda Hamidah

Mahaka Group sebagai perusahaan pertamanya, mengakuisisi Harian Republika pada 2001 yang saat itu tengah didera krisis ekonomi dan terancam bangkrut. Sampai 2008, Erick Thohir berhasil menjabat direktur dan terhitung sejak 2010 menjadi komisioner.

Dari perusahaan media, jaringan bisnis Erick Thohir merambah dunia olahraga dengan membeli saham mayoritas klub sepak bola Inter Milan dari Massimo Moratti pada 2013 bersama dua temannya, Rosan Roeslani dan Handy Soetodjo. Namun pada 2016, Erick menjual sebagian saham Inter Milan ke perusahaan China, Sunning Group.

Kiprahnya di dunia olahraga semakin melekat ketika menjadi orang Asia pertama yang memiliki Tim Basket NB, Philadelphia 76ers dan juga tercatat memiliki saham di klub sepak bola Amerika, D.C. United. Di dalam negeri, Erick Thohir menjadi pemegang saham klub sepak bola Persib Bandung. Erick juga sempat dipercaya Pemerintah menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018.

Pada pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN). Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Jokowi di Posko Cemara Menteng pada September 2018. Kini, nama Erick Thohir masuk ke dalam bursa calon menteri pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024.


Share To


rachli

rachli

Oct. 21, 2019, 4:55 p.m.


tags : Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir Tim Kampanye Nasional Pengusaha Sukses Tanah Air Mahaka Group Calon Menteri Era Jokowi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia