Elon Musk.jpg

Mengenal Sosok Elon Musk, Orang Terkaya Sejagat Raya

oleh: galih Life Style Saturday, 9 January 2021 9:00 a.m.


Mancode – Sejak 2017, predikat orang terkaya dunia diduduki oleh CEO dan Founder Amazon Jeff Bezos. Namun, predikat tersebut kini digusur oleh Elon Musk, yang merupakan pemegang saham perusahaan mobil listrik Tesla Inc. Bos Tesla ini menjadi orang terkaya di dunia berkat mendapatkan keuntungan dari saham Tesla yang terus melonjak dalam beberapa tahun terakhir.

Melansir CNBC, kekayaan Musk diperkirakan mencapai 185 miliar dollar AS atau sekitar Rp2.600 triliun. Raihan tersebut, mampu mengungguli kekayaan Jeff Bezos. Bos Amazon tersebut saat ini, tercatat memiliki kekayaan sekitar 184 miliar dollar AS atau sekitar Rp2.586 triliun.

Musk memulai 2020 dengan kekayaan hanya sekitar 27 miliar dollar AS atau sekira Rp28,1 triliun. Ini hampir tak masuk dalam daftar 50 orang terkaya di dunia. Namun, ketika saham Tesla terus meroket, peta persaingan orang terkaya di dunia pun berubah.


Musk perlahan tapi pasti, mulai melewati orang ketujuh di dunia, Warren Buffet. Kemudian, posisinya terus naik melewati Bill Gates untuk menjadi orang terkaya kedua di dunia. Bos Tesla tersebut memperoleh lebih banyak kekayaan selama 12 tahun terakhir dari pada kekayaan bersih Bill Gates sebesar 132 miliar dollar AS atau sekitar Rp1.855 triliun.

Sosok Elon Musk

Elon Musk lahir di Afrika Selatan pada 28 Juni 1971. Di usianya yang ke-10, ia menjual perangkat lunak pertamanya, yakni sebuah game bernama Blastar. Pada usia 17 tahun, dia pindah ke Kanada untuk berkuliah di Queens University. Setelah dari sana, Musk kemudian melanjutkan sekolahnya di University of Pennsylvania pada 1992.

Naluri bisnisnya kembali muncul. Dia akhirnya meluncurkan perusahaan pertamanya bernama Zip2 Corporatiop pada 1995 bersama saudaranya, Kimbal Musk. Zip2 menyediakan konten khusus untuk web baru The New York Times dan Chicago Tribune.

Selama empat tahun berdiri, sebuah divisi dari Compaq Computer Corporation membeli Zip2 sebesar 307 juta dollar AS dalam bentuk tunai dan 34 juta dollar AS dalam opsi saham. Dengan dana tersebut, Musk mendirikan X.com, sebuah perusahaan layanan keuangan online yang kemudian dikenal sebagai PayPal.

Tak puas sampai di situ, pada 2002 Musk kembali mendirikan perusahaan baru bernama SpaceX. Perusahaan ini bergerak di bidang antartika yang memiliki tujuan membangun pesawat ruang angkasa untuk perjalanan komersial. SpaceX berhasil mencatatkan sejarah dengan meluncurkan Roket Falcon 9 ke ruang angkasa dengan kapsul tak berawak.

Mobil Listrik Tesla

Musk juga menjadi salah satu pendiri sekaligus arsitek produk di Tesla Motors. Pada 2003, perusahaan ini berdiri dengan memproduksi mobil listrik massal dengan harga terjangkau. Pada Maret 2008, Tesla meluncurkan Roadster, sebuah mobil sport yang mampu berakselerasi dari 0 hingga 60 mph dalam 3,7 detik.

Dia terus mengembangkan mobil listrik dengan meluncurkan sejumlah model baru. Tercatat, Tesla telah memproduksi setengah juta unit mobil. Pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini telah memproduksi 509.737 unit mobil dan menjual 499.550 unit mobil pada 2020.

Penjualan mobil listrik Tesla memang masih didominasi oleh Tesla Model 3 dan Tesla Model Y. Pada 2020, Tesla memproduksi Model 3 dan Model Y sebanyak 454.932 unit dengan pengiriman ke konsumen sebanyak 442.511 unit. Sementara Tesla Model S dan Model X diproduksi sebanyak 54.805 unit dan dikirim ke konsumen sebanyak 57.039 unit.

Baca Juga: Colin Huang, Anak Muda yang Salip Kekayaan Jack Ma

Baca Juga: Kekayaan Pendiri Uniqlo Tadashi Yanai Melonjak Ratusan Triliun

Baca Juga: Statistik Pendapatan TikTok 2020




Share To


galih

galih

Jan. 9, 2021, 9 a.m.


tags : SpaceX Saham Tesla Elon Musk Tesla Orang Terkaya di Dunia History Profil Elon Musk


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 15 July 2021 6:00 a.m.

Potret Rika Ishige Petarung MMA yang Gemar Cosplay

Technology 6 July 2021 7:00 a.m.

Intip 3 Kelebihan Samsung Galaxy M62