Hari Veteran Nasional.jpg

Mengenal Sejarah Hari Veteran Nasional

oleh: galih History Monday, 10 August 2020 10:00 a.m.


Mancode – Hari ini, Senin (10/8/2020), bangsa Indonesia memperingati Hari Veteran Nasional. Penetapan Hari Veteran Nasional ditetapkan setiap 10 Agustus berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) 30/2014. Kepres tersebut ditandatangani mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Agustus 2014.

Penetapan Hari Veteran Nasional tak lain bertujuan mengingat jasa dan pengorbanan veteran Republik Indonesia (RI) yang telah berjuang, membela, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Di balik peringatan Hari Veteran Nasional ini juga tak lepas dari sejumlah peristiwa perjuangan yang dilakukan veteran. Salah satunya, didasari sejarah ketika para pejuang Kemerdekaan Indonesia melakukan genjatan senjata dengan Belanda pada 10 Agustus 1949.

Secara umum, veteran berarti seseorang yang pernah memiliki pengalaman di bidang militer (tempur) atau penegakan hukum (kepolisian).

Veteran Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah yang berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain dan atau gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Warga negara Indonesia yang ikut serta secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melaksanakan misi perdamaian dunia juga disebut-sebut sebagai Veteran Republik Indonesia yang telah ditetapkan sebagai penerima Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.

Saat ini, terdapat satu organisasi resmi yang menaungi para Veteran Nasional Indonesia yang dinamakan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Kongres LVRI pertama dilaksanakan pada 22 Desember 1956 hingga 2 Januari 1957 di Decca Park, Jakarta.

Kongres tersebut dihadiri setidaknya 2.300 Veteran dari seluruh Indonesia yang mewakili lebih dari 1 juta Veteran yang aktif bertempur memperjuangkan kemerdekaan RI antara tahun 1945-1949.

Baca Juga: Makna dan Sejarah Hari Arafah

Baca Juga: Menilik Sejarah di Balik Penetapan Hari Bhayangkara

Baca Juga: Mengulik Sejarah dan Inisiator Hari Keluarga Nasional


Share To


galih

galih

Aug. 10, 2020, 10 a.m.


tags : Tentara Nasional Indonesia History Hari Veteran Nasional Kemerdekaan RI Sejarah Hari Veteran Nasional Veteran


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like