Mitsubishi Model A.jpg

Mengenal Mitsubishi Model A, Mobil Penumpang Pertama di Jepang

oleh: galih Life Style Friday, 29 May 2020 11:00 a.m.


Mancode – Tak bisa dipungkiri, mobil produksi Jepang kini telah tersebar di hampir seluruh negara. Bahkan, menjadi salah satu penguasa otomotif di dunia. Di Indonesia misalnya, mobil lansiran Negeri Matahari ini sangat mendominasi pasar otomotif. Mitsubishi menjadi salah satu merek yang cukup diminati.

Sudah banyak mobil yang dikembangkan Mitsubishi. Namun, dari sekian banyak mobil yang telah dikembangkan, mungkin masih banyak yang belum mengetahui awal mula dan pengembangkan mobil penumpang pertama dari Mitsubishi.

Adalah Mitsubishi Model A, jadi mobil produksi awal Mitsubishi yang dirancang di Kobe Shipyard, Mitsubishi Shipbuilding Company yang sekarang adalah Mitsubishi Heavy Industries (MHI) dan Mitsubishi Motors Corporation berpisah dari MHI pada 1970.

Mitsubishi Model A yang menjadi cikal bakal penumpang modern Mitsubishi Motors ini mulai diproduksi pada musim panas 1917 dan selesai diproduksi pada November 1918.

Pada masa itu memang sudah terdapat beberapa alat dan mesin khusus otomotif, tapi menariknya Mitsubishi Model A pertama diproduksi secara manual dengan tangan menggunakan palu dan pahat. Karena pada saat itu, bodi mobil terbuat dari kayu yang dipernis, dan interiornya menggunakan kain wol Inggris yang mewah.

Dengan keterbatasan pengetahuan tentang dunia otomotif, insinyur Mitsubishi berhasil mengatasi kesulitan memproduksi Mitsubishi Model A. Capaian ini sekaligus menunjukkan bahwa produksi massal mobil dalam negeri kala itu adalah hal yang mungkin.

Akhirnya, pada 1921 Mitsubishi Model A menjadi mobil penumpang seri produksi pertama Jepang dan tercatat sebagai sebuah mobil yang memiliki makna penting dalam industri otomotif Jepang.

Jadi Mobil Bersejarah

Mitsubishi Model A Replica.jpg

Pada November lalu, MMC mengumumkan bahwa Mitsubishi Model A telah dipilih oleh Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA), sebuah lembaga non-profit, sebagai Mobil Bersejarah, yang menandai keunggulan pada sejarah industri otomotif Jepang.

Saat ini, replika dari Mitsubishi Model A, yang dibuat ulang menggunakan arsip dan dokumen lampau, dipamerkan di Mitsubishi Auto Gallery di Okazaki City, Prefektur Aichi.

“Mitsubishi Model A tidak hanya penting bagi sejarah Mitsubishi Motors, namun juga industri otomotif Jepang. Mitsubishi Motors telah berkomitmen untuk memproduksi mobil dengan kualitas terbaik, memahami preferensi dan kebutuhan konsumen sejak awal, ketika kami memproduksi masal kendaraan pertama,” ujar Ryoichi Inaba, Director of Product Strategy Division PT MMKSI, kemarin.

Sekadar informasi, JAHFA merupakan organisasi nirlaba yang memiliki misi memuji prestasi orang-orang yang berkontribusi dalam pembangunan dan pengembangan industri otomotif Jepang saat ini. Selain itu, mereka juga mempromosikan sains dan budaya industri.

Baca Juga: Tips Berkendara Aman Daimler Commercial Vehicles Indonesia

Baca Juga: Motor Skills Jakarta Kampanyekan Berkendara Tanpa Ponsel

Baca Juga: Menilik Istilah 1% di Klub Motor


Share To


galih

galih

May 29, 2020, 11 a.m.


tags : Mobil Sejarah Mitsubishi Mobil Penumpang Mobil Jepang Mitsubishi Otomotif Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 30 September 2020 7:00 a.m.

Single Perdana Kevin Hugo di 'A Letter To You'

Entertainment 30 September 2020 6:00 a.m.

Joji Rilis Album Kedua 'Nectar'

Entertainment 29 September 2020 10:00 a.m.

Melihat Sisi Lain Syafira Febrina dalam “Hati Yang Terluka”

Entertainment 29 September 2020 8:00 a.m.

Aura Kasih Luncurkan Single “Renjana”