Mesin Mitsubishi.jpg

Mengenal Mesin MIVEC, Kunci di Balik Performa Mobil Mitsubishi

oleh: galih Technology Monday, 8 June 2020 13:00 p.m.


Mancode – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menghadirkan kendaraan dengan performa mesin yang optimal berbasis mesin berteknologi MIVEC atau Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system.

MIVEC merupakan nama umum untuk semua mesin yang dilengkapi dengan mekanisme pengaturan valve-timing atau waktu bukaan katup udara dalam mesin yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mesin secara otomatis.

“Mesin MIVEC yang disematkan pada kendaraan Mitsubishi Motors memiliki teknologi yang tidak hanya mengoptimalkan performa tenaga mesin, namun juga memperhitungkan tingkat konsumsi bahan bakar dan gas buang yang efisien sekaligus juga memperhatikan keberlangsungan lingkungan,” ungkap Guntur Harling, Group Head of Product Strategy Division PT MMKSI beberapa waktu lalu.

Dia melanjutkan, MMC memang telah lama berfokus pada teknologi untuk mengatur kinerja waktu (valve timing) dan besarnya bukaan katup udara dalam mesin (valve lift) dengan tujuan menghasilkan tenaga besar, konsumsi bahan bakar efisien, dan emisi gas buang yang rendah.

Mesin MIVEC pertama kali digunakan pada tahun 1992 pada Mitsubishi Mirage. Sejak itu, Mitsubishi Motors telah menambahkan sejumlah perangkat tambahan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Mitsubishi Motors kemudian terus mengembangkan mesin MIVEC menjadi mesin All New MIVEC yang mengendalikan intake valve timing (waktu bukaan katup udara masuk) dan besarnya valve lift pada waktu yang sama, sepanjang waktu.

Pada 2011, Mitsubishi Motors menyematkan mesin All New MIVEC SOHC (Single Over Head Camshaft) pada model Mitsubishi Galant Fortis untuk pasar Jepang dan Mitsubishi Sportback Galant Fortis. Pada All New MIVEC SOHC 16 Valve (4J1 model), kinerja mesin telah lebih dikembangkan dengan menyesuaikan volume udara yang masuk melalui mekanisme pengaturan valve timing dan valve lift serta bukaan throttle valve.

Mesin jenis 4J1 model ini juga telah mengurangi konsumsi bahan bakar dengan peningkatan stabilitas pembakaran melalui optimalisasi struktur ruang bakar dan pengurangan gesekan melalui optimalisasi struktur piston. Selain itu, meskipun mesin All New MIVEC mengadopsi struktur SOHC yang sederhana, kinerja mesin tersebut sama dengan mesin MIVEC sebelumnya.

Selain itu, sistem stop-stop AS&G (Automatic Stop and Go) mencapai stop-and-start yang mulus dengan getaran minimal bersama dengan pengurangan konsumsi bahan bakar saat restart karena pengurangan volume asupan udara oleh sistem All New MIVEC.

Seri mesin MIVEC DOHC 16-valve Engine (4B1) juga dikembangkan untuk digunakan pada Mitsubishi Outlander dan Delica D:5, serta model Galant Fortis. Sistem MIVEC yang secara kontinu dan optimal mengontrol valve timing & valve lift pada intake, serta exhaust valve mampu disesuaikan dengan putaran mesin. Alhasil, sistem ini menghasilkan performa mesin yang tinggi, serta efisiensi bahan bakar.

Model Mitsubishi lainnya yang menggunakan mesin berteknologi MIVEC adalah Mitsubishi Xpander. Mobil andalan Mitsubishi ini dibekali mesin 4A91 MIVEC 1.5L DOHC 16 Valve yang memiliki tenaga hingga 104 PS pada 6.000rpm dengan torsi maksimum 141Nm.

Dibekali mesin serupa dengan Xpander, Xpander Cross memiliki tenaga maksimum dan torsi yang sama, namun Xpander Cross memiliki kombinasi mesin dan suspensi canggih dengan katup peredam guncangan sehingga dapat memberikan kenyamanan berkendara di berbagai medan.

Terbaru, kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang baru saja diluncurkan pada Juli 2019 lalu, Outlander PHEV juga dibekali mesin MIVEC yang melengkapi kecanggihan dan berbagai fitur yang dimilikinya. Outlander PHEV hadir disematkan mesin 4B12 2.4L DOHC MIVEC 4 (empat) silinder dengan tenaga maksimum 128 PS pada 4.500rpmdan torsi maksimum 199 Nm.

Mesin ini direkomendasikan menggunakan bahan bakar bensin RON Min.95, disamping itu mobil ramah lingkungan ini juga menggunakan tenaga listrik sehingga bahan bakar bensin yang digunakan bukanlah sumber energi utama untuk menggerakan mesin.

Baca Juga: Mengenal Mitsubishi Model A, Mobil Penumpang Pertama di Jepang

Baca Juga: DCVI Berikan Bantuan untuk Sopir Truk dan Bus Terdampak Covid-19

Baca Juga: Cara DFSK Dukung Pelaksanaan New Normal


Share To


galih

galih

June 8, 2020, 1:48 p.m.


tags : Mitsubishi Teknologi Mesin Mitsubishi Teknologi Mesin Mitsubishi Otomotif


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 23 October 2020 12:00 p.m.

Duo Charita Utami & Yudhistira Mirza Rilis “Usai Usia”

Entertainment 23 October 2020 11:00 a.m.

“Kini Hanya Tentangmu”, Sepenggal Kisah Cinta Rizky Billar

Entertainment 23 October 2020 7:00 a.m.

Tetap Digelar, Synchronize Festival 2020 Tayang di SCTV