Sosok-Lena-Khan.jpg

Mengenal Lena Khan, Sang Sutradara Berhijab Pertama Hollywood

oleh: inggil Entertainment Tuesday, 2 March 2021 8:00 a.m.


Mancode - Industri hiburan Hollywood baru-baru ini memperkenalkan sosok Lena Khan sebagai sutradara. Hal tersebut terasa istimewa, pasalnya sedikit atau bahkan tidak ada wanita muslim berhijab yang bekerja sebagai sutradara di Hollywood. Lena Khan sendiri disebut bakal menyutradarai film Disney+ yang berjudul Flora & Ulysses.

Film Flora & Ulysses sendiri menceritakan tentang seorang gadis muda bernama Flora yang diperankan oleh Matilda Lawler dan seekor tupai yang sangat kuat. Keduanya pun saling berteman satu sama lain.

Sosok Lena Khan merupakan warga muslim Kanada-Amerika. Namanya sendiri sudah banyak dikenal di dunia perfilman. Ia merupakan sosok di belakang The Tiger Hunter, sebuah drama komedi yang sukses diperbincangkan publik. Film yang diproduksi pada tahun 2016 tersebutlah yang melambungkan namanya di kalangan Hollywood.


Lena-Khan.jpg

Menariknya lagi, Lena Khan sendiri lah yang mendanai film The Tiger Hunter sebagai kampanye di Kickstarter. Kampanye yang didukung oleh komunitas Muslim dan Asia Selatan. Dalam pembuatan film tersebut Lena juga dibantu oleh beberapa investor baik dari kalangan muslim maupun non muslim.

"Saya pikir banyak orang merasa, pembuat film berhijab tidak akan tahu apa yang dia lakukan atau tidak cukup keren untuk bekerja di industri ini," kata Lena Khan sambil tertawa seperti dilansir Straits Times.

Setelah sukses dengan film The Tiger Hunter, nama Lena Khan pun diperbincangkan banyak orang. Hingga akhirnya dia terpilih menjadi sutradara film komedi Never Have I Ever (2020) yang diproduksi oleh Netflix. Di mana pada film tersebut tokoh protagonisnya sendiri merupakan gadis India-Amerika.

"Saya menemukan banyak orang saat pertama kali bertemu, terutama saat Anda mengenakan jilbab, mereka mengira aksen Anda, Anda mungkin tidak memiliki pandangan yang segar atau mereka tidak bersemangat bercerita tentang budaya pop," kata Lena.

sUTRADARA-lENA-KHan.jpg

Perjuangan Lena Khan yang berhasil seperti saat ini bukanlah tanpa hambatan sama sekali. Tidak seperti sutradara asal Asia atau Amerika lainnya, berat bagi Lena Khan untuk meyakinkan orang tuanya tentang pilihan karirnya. Berkat kegigihannya, Lena Khan pun kini menikmati pekerjaannya sebagai sutradara sukses.

Baca Juga: Sutradara Animasi Ternama, Gene Deitch Tutup Usia

Baca Juga: Vakum 4 Tahun, Ben Affleck Siap Sutradarai Film Kembali

Baca Juga: Sutradara Asal Indonesia, Mouly Surya bakal Garap Film Netflix




Share To


inggil

inggil

March 2, 2021, 8 a.m.


tags : Sutradara Perempuan Hollywood Sutradara Berhijab Hollywood Lena Khan Biografi Lena Khan Sutradara Lena Khan Sutradra Berhijab Pertama Hollywood


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA