Pempek-Palembang.jpg

Mengenal Kuliner Khas Palembang Selain Pempek

oleh: rachli Travel Tuesday, 8 October 2019 14:00 p.m.


Selain Medan, Palembang menjadi kota terbesar di Sumatera. Bicara soal Palembang, tentu tidak hanya identik dengan Jembatan Ampera, namun juga kulinernya yakni Pempek. Pempek merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan dan tepung kanji.

Namun perlu diketahui, jika bicara soal kuliner khas Palembang bukan hanya pempek. Ada banyak ragam kuliner khas Palembang lainnnya yang tak kalah populer. Berikut ini, Mancode mencoba menjabarkan beberapa kuliner khas Palembang selain pempek.

Mie Celor

Mie-Celor.jpg

Kuliner ini tidak jauh berbeda dengan Mie Aceh. Mie Celor adalah sajian mie yang disajikan bersama kuah kental dan dicampur dengan kaldu udang. Mie Celor ini berisikan tauge segar, bawang goreng, dan telur. Soal rasa, Mie Celor sangat gurih serta menggugah selera sehingga menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Palembang. Meskipun nampak makanan berat, Mie Celor bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Baca Juga: 5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Jogja

Brengkes Tempoyak

Brengkes-Tempoyak.jpg

Brengkes Tempoyak merupakan makanan tradisional Palembang yang berbahan dasar ikan patin. Dari namanya, Brengkes berarti pepesan dan Tempoyak adalah sejenis makanan dengan bahan berupa durian dengan campuran garam.

Hal yang menarik dari kuliner satu ini adalah campuran bumbu yang berasal dari fermentasi durian sehingga menciptakan rasa yang unik. Fermentasi ini nantinya akan menciptakan perpaduan rasa, mulai dari rasa manis sebagai rasa aslinya, asam dari hasil fermentasi, dan rasa pedas gurih.

Tekwan

Tekwan.jpg

Bahan utama membuat Tekwan mirip dengan pempek, namun ukurannya lebih kecil sebesar bakso. Tekwan disajikan bersama kuah kaldu udang yang gurih dengan tambahan daun seledri, bawang goreng, daun bawang, potongan bengkoang, dan jamur kuping.

Baca Juga: 5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Cilacap

Baca Juga: Nasi Teri Gejayan Pak Dul, Kuliner Legendaris Yogyakarta

Lakso

Lakso.jpg

Nama Lakso cukup dikenal di masyarakat Palembang. Selain karena menjadi makanan yang tidak ada di daerah lain, Lakso memiliki bentuk unik dengan rasa enak. Lakso terbuat dari tepung sagu dan tepung beras dan dibentuk seperti mie berwarna putih. Biasanya, mie tersebut akan dimakan dengan kuah santan yang menggunakan kaldu ikan dan tambahan ikan gabus yang kaya protein.

Malbi

Malbi.jpg

Satu lagi kuliner khas Palembang, yakni Malbi. Malbi kaya akan rempah-rempah dengan dasar utamanya berupa daging sapi. Sekilas, Malbi mirip seperti semur daging, namun bumbunya lebih beragam, seperti lada, pala, dan air asam Jawa. Biasanya, Malbi dimakan bersama nasi putih hangat atau lontong dan ketupat. Rasanya begitu enak dan lezat. Malbi biasanya dihidangkan pada hari raya, khususnya Idul Adha.


Share To


rachli

rachli

Oct. 8, 2019, 2:58 p.m.


tags : Pempek Mie Celor Jembatan Ampera Kuliner Khas Palembang


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi