Komunitas Serbuk Kayu.jpg

Mengenal Komunitas Serbuk Kayu Surabaya

oleh: inggil Mancave Tuesday, 21 May 2019 13:00 p.m.


Berbicara soal seni memang sangatlah luas. Banyak orang menciptakan sebuah seni untuk meluapkan ekspresi. Salah satu perkumpulan pegiat seni tersebut ialah Komunitas Serbuk Kayu Surabaya. Melalui laman resminya, komunitas ini sudah terbentuk sejak tahun 2011. Pendiri komunitas ini adalah Dwiki Nugroho, Dwi Januartanto, Dyan Condro, Indra Prayhogi, RM Mahendra Pradipta, dan Zalfa Robby.

Baca Juga: Menilik Istilah 1% di Klub Motor

Awalnya komunitas ini terbentuk dari aksi performance art yang menyikapi kenaikan harga bahan bakar minyak di tahun 2011. Bentuk aksi yang dilakukannya sendiri berupa membuat instalasi mobil kayu yang dikemudikan dengan berjalan kaki dari Unesa Kampus Lidah menuju Taman Bungkul. Tidak hanya sampai disitu saja, aksi komunitas ini berlanjut dalam kegiatan Car Free Day.

Filosofi nama Serbuk Kayu sendiri memiliki sarat makna. Pasalnya, serbuk kayu yang dikumpulkan akan menjadi sebuah media baru yang bermanfaat. Namun, bila hanya dibiarkan saja serbuk kayu tidak tidak mempunyai manfaat, bahkan hanya terbuang sia-sia. Oleh sebab itu komunitas Serbuk Kayu mempunyai filosofi untuk bersatu menciptakan sebuah karya dari hal sederhana dan dapat memberikan manfaat besar.

Komunitas Serbuk Kayu.jpg

Membawa visi misi berupa mendistribusikan seni sebagai pengetahuan, komunitas ini memaknai seni sebagai hal yang dapat dipelajari bukan hanya sembarang membuat karya. Komunitas Serbuk Kayu ingin membuat sebuah seni yang memberikan dampak positif bagi penikmat seni. Mereka percaya bahwa seni dapat menjadi media untuk membuat masyarakat sadar bahwa ada keresahan yang harus ditemukan solusinya.

Karya-karya dari Komunitas Serbuk Kayu sudah terkenal di Surabaya. Beberapa pameran tunggal di galeri terkenal Surabaya pun sudah pernah mereka selenggarakan. Karyanya yang luar biasa itu membuat mereka menjadi perhatian bagi pemerhati dan pecinta seni. Pasalnya, jika kebanyakan pameran seni menampilkan lukisan, seni instalasi, dan seni rupa murni lainnya, Komunitas Serbuk Kayu justru menampilkan karya seni yang dibuat melalui teknis grafis murni.

Hingga saat ini, Komunitas Serbuk Kayu telah memiliki 40 anggota di mana anggota yang aktif berjumlah 20 orang.


Share To


inggil

inggil

May 21, 2019, 1 p.m.


tags : Komunitas unik Indonesia Komunitas serbuk kayu Info Komunitas Komunitas seni Indonesia Komunitas Komunitas Indonesia Komunitas Surabaya


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi