Mengenal Kilt, Pakaian Tradisional Khas Pria Skotlandia.jpg

Mengenal Kilt, Pakaian Tradisional Khas Pria Skotlandia

oleh: rachli Fashion Style Thursday, 24 March 2022 11:00 a.m.


Mancode - Masing-masing daerah tentu memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang berbeda. Bahkan, hal itu menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Semisal pakaian tradisional dari Skotlandia, di mana para pria menggunakan rok selutut atau biasa disebut Kilt sebagai bagian dari busana kesehariannya.

Bagi yang belum begitu mengenalnya, Kilt merupakan pakaian tradisional masyarakat Skotlandia yang berkembang pada abad ke-16 dengan potongan unik berbentuk menyerupai rok selutut dan memiliki sejumlah lipatan di bagian belakangnya.

Dilihat dari segi kontruksi dan desainnya, Kilt memiliki ciri khas tersendiri dengan model pakaian lain. Cara mengenakan Kilt juga terbilang unik, yaitu dililitkan pada bagian pinggang mulai dari satu sisi (biasanya sebelah kiri) ke sisi lain yang berlawanan hingga membentuk beberapa lapis kain.


Kilt sendiri memiliki dua jenis, yakni Graet Kilt (Kilt besar) dan Small Kilt (Kilt kecil). Kilt besar yang berkembang lebih awal ini memiliki motif kotak dinamakan motif tartan. Berbahan wol tebal, motif tartan ini disamirkan di separuh badan bagian atas serta membentuk rok dari pinggang ke lutut.

Pemberian nama tartan sendiri bermula ketika King James V memberikan tiga els (satuan panjang) kain kepada istrinya pada 1538. Penemuan bukti ukiran berusia tua pada kayu jerman pada 1631 yang menggambarkan seorang tantara bayaran Highland dalam balutan Kilt bermotif tartan.

Kain bermotif tartan semakin memperkuat keberadaan kain motif kotak-kotak. Selanjutnya, pakaian dengan serupa juga diperkenalkan oleh seorang kesatria pada pertempuran Killecrankie pada 1689. Memasuki abad ke-19, suku Celtic menjadikan busana ini sebagai salah satu warisan budaya mereka.

Sedangkan Kilt kecil merupakan pengembangan dari Kilt besar, bagian atas Kilt dihilangkan sehingga Kilt kecil hanya berupa rok yang mengelilingi bagian bawah dari pinggang sampai ke lutut saja. Kilt yang digunakan oleh orang Skotlandia sekarang lebih mengacu pada jenis Kilt kecil.

Kilt dapat dipasangkan dengan busana atau aksesoris lain. Contohnya adalah Sporran, yakni tas pinggang kecil yang ditempatkan di bagian depan pinggang. Kilt bisa dipadukan dengan jas atau atasan lain yang sesuai. Sepatu yang cocok dengan outfit ini adalah Ghillie Brogue shoes.

Penggunaan Kilt dianggap sebagai identitas, simbol dan lambang sejati luasnya kebudayaan bagi masyarakat Skotlandia. Sehingga tidak mengherankan, bila anak-anak di Skotlandia sudah dari sedini mungkin dibiasakan untuk mengenakan Kilt.

Baca Juga: Sesuaikan Karakter Pemakai, Kenali 3 Jenis Lapel Blazer Ini

Baca Juga: Kolaborasi G-SHOCK dan Paradise Youth Club Hadirkan Jam Tangan Edisi Terbatas

Baca Juga: 6 Ide Padupadan Bohemian Style Pria Tampil Menarik




Share To


rachli

rachli

March 24, 2022, 11 a.m.


tags : Kilt Pakaian Tradisional Skotlandia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA