Mengenal Jenis Busana saat Tahun Baru Imlek.jpg

Mengenal Jenis Pakaian Tahun Baru Imlek

oleh: rachli Fashion Style Friday, 28 January 2022 17:00 p.m.


Mancode - Tahun baru Imlek merupakan pergantian tahun dalam kalender China yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Biasanya, tahun baru Imlek identik dengan warna merah yang bisa dilihat dari pernak-pernik hingga pakaiannya.

Bicara soal pakaian, ada beberapa jenis pakaian yang biasa dikenakan saat merayakan Imlek untuk pria dan wanita. Merangkum dari berbagai sumber, berikut jenis pakaian diperayaan tahun baru Imlek.

Qipao


Qipao.jpg

Qipao memiliki desain yang berbeda dengan gaya modern saat ini. Pada zaman Dinasti Qing, Qipao sebagai gaun konservatif dengan potongan lurus dan longgar, serta desain rumit yang disulam ke dalam kain. Melalui penjajahan, Qipao menjadi kebarat-baratan.

Pertengahan 1800-an sampai sekarang, perubahan itu bolak-balik. Gaya berayun antara panjang dan pendek, ketat dan longgar. Saat ini, Qipao biasanya ketat. Bukaan bisa dimulai setinggi paha. Namun gaya modern tetap mempertahankan kerah lurus dan kancing kodok yang kaku. Desain bordir popular termasuk bunga dan burung.

Cheongsam

Cheongsam.jpg

Cheongsam biasanya digunakan oleh orang Barat untuk menyebut Qipao wanita, sedangkan untuk pria dinamai Changsan. Namun, secara harfiah berarti baju panjang, longgar. Potongan untuk kerah samping melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Panjang Cheongsam juga mewakili status, karena pakaian yang lebih panjang tidak cocok untuk pekerja fisik. Di era republik merupakan pakaian para sarjana terpelajar.

Tang

Tang.jpg

Setelan Tang digunakan untuk merujuk pada pakaian dari dinasti Tang. Tapi setelan Tang baru adalah jaket yang menggabungkan jaket berkuda pria (dinasti Qing) dan setelan Barat. Bagi penggemar seni bela diri Tiongkok, mungkin pernah melihatnya di film.

Pakaian ini memiliki kerah terbalik dan kerah lurus. Setelan menampilkan simpul tradisional China (kancing katak). Bahannya biasanya brokat. Sebagian besan setelan Tang saat ini sudah dimodifikasi dan disesuaikan. Banyak yang memiliki simbol keberuntungan dan kata-kata yang disulam ke dalam kemeja.

Hanfu

Hanfu.jpg

Hanfu diterjemahkan secara harfian menjadi pakaian etnis Han. Ini mencakup pakaian tradisional sampai Dinasti Qing. Umumnya, pakaian Hanfu mencakup kemeja dan rok. Kemeja itu memiliki kerah menyilang dan lengannya panjang dan lebar. Roknya panjang dan terkadang mulai di atas dada.

Hanfu pada Dinasti Tang memengaruhi Kimono Jepang, sedangkan Dinasti Ming memengaruhi Hanbok Korea. Jika mengenakan Hanfi, juga bisa menambahkan liontin pada ikat pinggang.

Baca Juga: Sambut Imlek 2022, Ini Inspirasi Produk Pembawa Keberuntungan

Baca Juga: Sejarah dan Asal-usul Perayaan Imlek

Baca Juga: Dr. Martens Hadirkan Koleksi Spesial “Year of the Tiger”




Share To


rachli

rachli

Jan. 28, 2022, 5 p.m.


tags : Tahun Baru Imlek Pakaian Tang Suit Imlek Tang Qipao Cheongsam Hanfu


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA