Kesehatan-Mental.jpg

Mengenal Jenis Kesehatan Mental

oleh: rachli Life Style Thursday, 10 October 2019 15:00 p.m.


Pada 10 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day. Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ini berlangsung untuk yang ke-27 kalinya, sejak pertama kali diperingati pada 10 Oktober 1992.

Bisa dikatakan, kesehatan mental merupakan masalah serius. Bagaimana tidak, kesehatan mental menjadi isu yang mendapat perhatian khusus. Terlebih setelah World Health Organization (WHO) merilis pernyataan jika setiap 40 detik satu orang di dunia kehilangan nyawanya karena bunuh diri.

Ada beberapa jenis gangguan kesehatan mental yang cukup sering ditemui. Berikut ini Mancode mencoba mengulas beberapa jenis gangguan kesehatan mental.

Gangguan Kepribadian

Masalah kesehatan mental yang mempengaruhi sikap, kepercayaan, dan perilaku. Dua jenis gangguan kepribadian antara lain borderline personality disorder, yaitu perubahan suasana hati yang intens, ketakutan akan ditinggalkan, perilaku impulsif, dan tidak stabil.

Baca Juga: 3 Tanda Tubuh Mengalami Masalah Kesehatan

Baca Juga: Peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia

Gangguan lainnya adalah antisocial personality disorder, saat seseorang mengalami hal-hal seperti mengabaikan perasaan dan kebutuhan orang lain, manipulasi orang lain untuk keuntungan diri sendiri, sulit mempertahankan hubungan, tidak merasa bersalah, serta merasa mudah bosan atau agresif.

Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan atau anxiety disorder merupakan gangguan mental yang membuat penderitanya hidup dengan penuh kecemasan, ketakutan, serta kekhawatiran. Biasanya, penderita akan merespon benda atau situasi tertentu dengan sangat ketakutan yang disertai gejala panik seperti detak jantung yang cepat dan berkeringat.

Gangguan Suasana Hati

Disebut juga gangguan efektif, yang melibatkan perasaan sedih atau perasaan merasa terlalu bahagia, atau fluktuasi dari kebahagiaan dan kesedihan ekstrim. Beberapa contohnya adalah bipolar, depresi jangka panjang, gangguan afektif musiman, perubahan suasana hati dan iritabilitas yang terjadi selama fase pramenstruasi, serta depresi karena penyakit fisik.

Gangguan Psikotik

Gangguan psikotik melibatkan kesadaran dan pemikiran menyimpang. Gejala paling umum dari kelainan psikotik adalah halusinasi, seperti mendengar suara dan khayalan yang tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Gangguan Makan

Biasanya diakibatkan emosi ekstrim, sikap, dan perilaku yang melibatkan berat badan dan makanan. Paling umum adalah anoreksia (penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut berlebih terhadap peningkatan berat badan), bulimia (makan secara berlebihan kemudian mencoba mengeluarkan kembali apa yang telah dimakan), dan binge eating disorder (makan dalam jumlah banyak dan sulit dihentikan).

Gangguan Obesif-Kompulsif

Obsessive-compulsive disorder (OCD) sering mengalami pikiran obsesif dan perilaku kompulsif. Ada pikiran, gambar, atau dorongan yang tidak diinginkan dan tidak menyenangkan memasuki pikiran dan menyebabkan rasa cemas, jijik, atau tidak senang.


Share To


rachli

rachli

Oct. 10, 2019, 3:09 p.m.


tags : WHO Jenis Kesehatan Mental World Health Organization World Mental Health Day Hari Kesehatan Jiwa Sedunia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 11 December 2019 17:00 p.m.

Blibli.com Siapkan Ragam Penawaran Akhir Tahun

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia