Mengenal-Limfoma.jpg

Mengenal Gejala dan Jenis Kanker Ria Irawan

oleh: rachli Life Style Monday, 6 January 2020 13:00 p.m.


Mancode - Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktris peran Ria Irawan meninggal dunia pada Senin (6/1/2020) di Jakarta. Ria Irawan meninggal karena penyakit yang dideritanya yakni kanker kelenjar getah bening.

Melihat penyakit yang diidap Ria, kanker kelanjar getah bening atau limfoma menyerang sel darah putih yang merupakan sistem kekebalan tubuh. Pengobatan yang dilakukan harus disesuaikan dengan penyebab, lokasi pembengkakan kelenjar, dan kondisi pasien secara umum.

Baca Juga: Deretan Film Klasik Aktris Ria Irawan

Kanker kelenjar getah bening merupakan limfoma jenis non-hoggkin (LHN). Gejala yang ditemukan di antaranya penurunan berat badan sebanyak kurang dari 10 persen dalam enam bulan, demam hingga 38 derajat celcius selama satu minggu tanpa sebab yang jelas.

Selain itu, banyak berkeringat pada malam hari, cepat lelah dan penurunan nafsu makan, pembesaran kelenjar getah bening yang terlihat, dan dapat pula ditemukan adanya benjolan yang tidak nyeri di leher, ketiak atau pangkal paha (terutama bila berukuran di atas dua sentimeter).

Jika gejala ditemukan, sebaiknya perlu berkonsultasi ke dokter. Dokter akan menanyakan keluhan dan gejala yang dialami serta melakukan pemeriksaan fisik. Selanjutnya, dokter dapat meminta menjalani beberapa tes, seperti biopsi kelenjar getah bening, tes darah, dan pemindaian.

Baca Juga: 4 Cara Hilangkan Kutu Rambut yang Mengganggu

Sedangkan, untuk pengobatan limfoma akan disesuaikan berdasarkan kondisi kesehatan, usia, serta jenis dan stadium limfoma yang dialami. Dokter akan merekomendasikan berbagai macam jenis pengobatan, di antaranya:

Obat-obatan

Obat kemoterapi (misalnya vincristine) dan obat imunoterapi (misalnya rituximab) akan diberikan untuk membunuh sel limfoma

Radioterapi

Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan radiasi sinar khusus untuk membunuh sel kanker

Transplantasi Sumsum Tulang Belakang

Pengobatan ini dilakukan ketika limfoma berada di sumsum tulang. Sumsum tulang berfungsi menghasilkan sel darah yang normal. Transplantasi sumsum tulang dilakukan untuk menggantikan jaringan sumsum tulang yang sudah rusak akibat penyakit limfoma dengan jaringan sumsum tulang yang sehat.

Namun perlu diketahui, tidak semua penderita limfoma membutuhkan penanganan medis secepatnya. Jika kanker yang diderita termasuk jenis yang lambat berkembang dan tidak menimbulkan gejala, dokter dapat menyarankan untuk menunggu dan melihat perkembangannya.

Baca Juga: Kenali Jenis Kanker Tulang yang Diderita Putri Luis Enrique

Pada beberapa kasus, limfoma non-hoggkin stadium awal dengan ukuran yang kecil dapat diatasi dengan cara diangkat langsung pada saat dilakukan biopsi. Dengan demikian, penderita tidak membutuhkan penanganan lebih lanjut


Share To


rachli

rachli

Jan. 6, 2020, 1:19 p.m.


tags : kanker ria irawan limfoma non-hoggkin sistem kekebalan tubuh limfoma kanker kelenjar getah bening ria irawan meninggal


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 20 February 2020 15:00 p.m.

Single Spesial Donnie Sibarani ‘Aku Untukmu’

Entertainment 20 February 2020 11:00 a.m.

Konser Hip Hop 29 Mars Suguhkan Rapper 1990-an

Entertainment 20 February 2020 8:00 a.m.

Populer Tapi Akhirnya Tewas Bunuh Diri

Entertainment 20 February 2020 7:00 a.m.

Selamat Ulang Tahun Kurt Cobain