Manteri Baru.jpg

Mengenal Enam Menteri Baru Presiden Jokowi

oleh: galih History Thursday, 24 December 2020 12:00 p.m.


Mancode – Penyegaran posisi menteri dilakukan Presiden Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia ini menunjuk enam menteri baru yang duduk dalam Kabinet Indonesia Maju. Sepak terjang menteri baru tersebut mayoritas sudah dikenal publik. Siapa saja mereka?

Keenam nama baru tersebut di antaranya Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Parisiwata dan Ekonomi Kreatuf, Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Kemudian, ada Budi Gunaldi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama.

Rabu (23/12/2020), keenam menteri baru tersebut secara resmi dilantik di Istana Negara. Lalu, siapa sebenarnya enam menteri baru yang baru saja ditunjuk Presiden Jokowi tersebut? Mancode kali ini coba mengulas profil dari menteri-menteri tersebut.


Tri Rismaharini

Tri Rismaharini.jpg

Sepertinya hampir seluruh masyarakat Indonesia telah mengenal sosok wanita ini. Dia adalah Wali Kota Surabaya yang memiliki sikap tegas dalam memimpin. Wanita kelahiran Kediri, 20 November 1961 ini, bisa dibilang wanita pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya sepanjang sejarah, yakni periode pertama 2010 2015 dan periode kedua 2015-2020.

Risma menempuh pendidikan dasar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kediri dan lulus pada 1973. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 10 Surabaya (lulus 1976) dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Surabaya (lulus 1980).

Lalu, wanita berhijab ini melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan jurusan Arstitek dan lulus pada 1987. Pada pendidikan pascasarjana, Risma memilih fokus pada pendidikan Manajemen Pembangunan Kota di institut yang sama.

Selama memipin Surabaya, sejumlah penghargaan pernah diraihnya. Misalnya Adipura pada 2011, 2012, 2013, dan 2014 untuk kategori kota metropolitan. Selain itu, dia berhasil menjadikan Kota Surabaya menjadi kota terbaik se-Asia Pasifik pada 2012 versi Citynet atas keberhasilan pemerintah kota dan partisipasi rakyat dalam mengelola lingkungan.

Kini, Presiden Jokowi memberikan kepercayaan kepada Risma menjabat Menteri Sosial, yang sebelumnya dijabat Juliadi P Batubara yang tersandung kasus korupsi bansos.

Sandiaga Uno

4 Kacamata Kuncian Sandiaga Uno.jpg

Nama lain yang sudah tak asing di telinga publik adalah Sandiaga Uno. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta sekaligus pengusaha ini ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggantikan Wishnutama.

Sebelum terjun ke politik, sosok Sandiaga Uno dikenal sebagai pengusaha sukses. Setelah lulus dari Wichita State University dan meraih gelar Master of Buniness Administration dari George Washington University pada 1992, dia memutuskan untuk pulang ke Tanah Air.

Dia memulai bisnis. Salah satunya membangun perusahaan konsultan keuangan PT Recapital Advisior dan perusahaan investasi PT Saratoga Investa Sedaya, yang membawanya masuk ke dalam daftar 100 orang terkaya di dunia.

Setelah sukses menjalani bisnis, dia mencoba peruntungan di dunia politik. Dia bergabung dengan Partai Gerindra dan mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan pada 2017 silam.

Kemudian, dia langsung terpilih. Namun, selang satu tahun lebih menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno dicalonkan sebagai Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2019.

Muhammad Lutfi

Muhammad Lutfi.jpg

Menjadi Menteri Perdagangan bukan hal yang baru bagi Muhammad Lutfi. Pasalnya, dia pernah menjabat Menteri Perdagangan antara 14 Februari dan 20 Oktober 2014. Dia juga pernah menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan kemudian ditunjuk sebagai duta besar Indonesia untuk Jepang, serta pernah menjabat duta besar untuk Amerika Serikat.

Sosok pria kelahiran Jakarta, 16 Agustus 1969 ini, juga diakui sebagai seorang pemimpin muda yang berpengaruh oleh The World Economic Forum’s Young Global Leaders.

Kini, Lutfi kembali diberikan kepercayaan oleh Presiden Jokowi mengemban tugas sebagai Menteri Perdagangan, menggantikan menteri sebelumnya, Agus Suparmanto.

Budi Gunadi Sadikin

Budi Gunadi Sadikin.jpg

Dia merupakan sosok menteri kejutan yang dipilih Persiden Jokowi untuk mengemban tugas sebagai Menteri Kesehatan yang baru. Mengapa demikian, pria kelahiran 6 Mei 1964 ini, tak memiliki rekam jejak di dunia kesehatan.

Sarjana Fisika Nuklir dan Institut Teknologi Bandung ini, dikenal sebagai banker. Beberapa jabatan strategis pernah diembannya. Seperti Direktur Consumer Banking ABN Amro Bank Indonesia, Executive Vice President Consumer Banking Bank Danamon, dan Direktur Adira Quantum Multi Finance.

Pada 2006, dia bergabung ke Bank Mandiri. Namanya kemudian menjadi sorotan publik karena saat perusahaannya mampu merebut mayoritas saham PT Freeport Indonesia. Kemudian, pada 2019, Budi terpilih menjadi Wakil Menteri BUMN dan menjadi Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Yaqut Cholil Quomas

Yaqut Cholil Quomas.jpg

Putra dari KH Muhammad Cholil Bisri ini, merupakan pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini dikenal sebagai Ketua GP Ansor sekaligus menjadi wakil rakyat sebagai Anggota DPR RI periode 2019-2024 di daerah pemilihan Jawa Tengah X.

Dia mengeyam pendidikan dasar di SDN Kutuharjo. Kemudian, melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Rembang dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Rembang. Di tingkat universitas, dia merupakan lulusan Universitas Indonesia jurusan Sosiologi.

Untuk kariernya, dia pernah menjadi komisarit sebuah radio di Rembang, dan menjadi anggota DPRD Rembang pada 2004-2005. Hingga akhirnya, dia terpilih menjadi Wakil Bupati Rembang pada 2005 – 2010. Kini, dia dipercaya Presiden Jokowi menjabat posisi Menteri Agama, menggantikan Fachrul Razi.

Sakti Wahyu Trenggono

Sakti Wahyu Trenggono.jpg

Pria kelahiran 3 November 1962 di Semarang, Jawa Tengah ini, merupakan lulusan S1 Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung dan S1 Magister Management Institut Teknologi Bandung.

Dalam kariernya, dia pernah menjabat sebagai Progamer dan System Analust & Development Federal Motor pada 1986 sampai 1992. Kemudian, pada 1995 sampai 1997, Sakti Wahyu Trenggono bergabung dengan Astra Group sebagai Management Information System, Business Development, Supply Chain Manager.

Karier Sakti Wahyu Trenggono semakin cemerlang. Pada 2000, Sakti dipercaya sebagai Direktur Utama PT Solusindo Kreasi Pratama sampai tahun 2009.

Tak hanya bergelut di dunia bisnis, Sakti Wahyu Trenggono juga terjun ke dalam dunia politik. Pada 2009, Sakti tercatat sebagai bendahara Partai Amanat Nasionalsampai sekitar 2013. Sakti sempat menjadi bendahara tim pemenangan Joko Widodo sejak berkiprah di Solo.

Kini, Sakti Wahyu Trenggono diamanatkan mengemban tugas sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) oleh Presiden Jokowi. Sebelumnya, dia adalah Wakil Menteri Pertahanan Indonesia sejak 25 Oktober 2019.

Baca Juga: Perjuangan Sosok ‘Kartini’ di Dunia Kesehatan

Baca Juga: Mengintip Profil Tokoh Tiga Zaman Emil Salim

Baca Juga: Melihat Tokoh di Balik Perumusan Sumpah Pemuda




Share To


galih

galih

Dec. 24, 2020, noon


tags : Profil Menteri Baru Menteri Baru History Presiden Jokowi Menteri Jokowi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE